Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata Bahasa Indonesia

Yoo pelajar kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks deskripsi tentang tempat wisata singkat dan strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks deskripsi singkat dibawah ini.
2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata Singkat Bahasa Indonesia

Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Contoh 1
Wisata Pangandaran
Pantai Indah Pangandaran
Pantai Indah pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata alam yang populer, yakni sebuah pantai eksotis yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa. Arena berselancar (surfing) yang sangat baik dan aktivitas matahari terbenam yang eksotis membuat Pangandaran menjadi salah satu tempat favorit bagi peselanjar dari seluruh dunia dan juga wisatawan lokal.

Pantai Indah Pangandaran juga merupakan salah satu Pantai terbaik yang ada di Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak kurang lebih 92 km arah selatan kota Ciamis.

Beberapa event yang rutin diselenggarakan disini antara lain; Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) yang bisa kita saksikan setiap bulan Juni atau Juli dan Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan oleh para nelayan sebagai perwujudan rasa terima kasih terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Pantai Batu Karas
Terletak di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, sekitar 34 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari kawasan wisata Pangandaran.

Pantai Batu Karas memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Jika kita
terbiasa dengan pantai berbentuk garis lurus, maka tidak dengan pantai satu ini. Pantai Batu Karas terletak di antara dua bukit yang mengurungnya, sehingga pantai tersebut berbentuk setengah lingkaran. Pantai ini sering dianggap sebagai perpaduan antara obyek wisata Batu Hiu dan Pantai Pangandaran, karena pantainya yang kaya akan tebing dengan hamparan pasir serta ombaknya yang indah.

Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai surfing terbaik di Pulau Jawa, dan ombaknya cukup
terkenal di kalangan para peselancar. Keberadaan tebing di sebelah kanan pantai, menciptakan jalur ombak yang panjang sehingga cocok untuk berselancar. Ombak di Batu Karas tidak terlalu ekstrim, keadaan inilah yang membuat para peselancar pemula juga menggemari Batu Karas sebagai tempat mengasah kemampuan berselancar.


Selain itu, arus laut yang tidak langsung mengarah ke pantai menjadikan area Pantai Batu Karas aman untuk berenang sekaligus melakukan olahraga air lainnya seperti Banana Boat.
Contoh 2
Conban Rondo
Selain air terjun Coban Pelangi,di malang juga terdapat air tejun coban Rondo. Air terjun Coban Rondo terletak duabelas Km dari Kota Batu, tepatnya berada di desa Pandansari, Kecamatan Pujon.  . Air terjun setinggi delapan puluh empat  meter ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Air terjun Coban Rondo ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun seribu sembilan ratus delapan puluh. Panorama klasik air terjun yang dibalut dengan keindahan alam dan disempurnakan dengan udara pegunungan yang masih sangat alami ini memang menjadi magnet yang luar biasa bagi para wisatawan, banyak wisatawan domestik dan mancanegara datang ke lokasi obyek wisata ini. Dari tempat parkir menuju air terjun Coban Rondo, Anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih limapuluh meter. Perjalanan akan tidak terasa berat karena rimbun pepohonan hijau yang akan melindungi Anda dari sengatan sinar matahari dan memberi banyak oksigen untuk paru-paru. Tiket masuk seharga Rp 8.000,00 per orang sedangkan tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp
2.000,00.

Coban Rondo terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau sampai dengan 150 liter per detik pada musim penghujan. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat berkunjung ke lokasi ini, yakni dilarang mandi atau berada di bawah air terjun dan apabila hujan lebat turun maka pengunjung diwajibkan untuk meninggalkan lokasi wisata. Karena ditakutkan akan terjadi banjir ataupun longsor. Disana selain kita bisa menikmati kesejukan alam dan indahnya air terjun kita juga dapat berkunjung di wisata satwa dan kebun yang letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun. Di lokasi Satwa dan Kebun ini Anda dapat melihat aneka satwa dan beberapa pilihan wahana permainan. Wahana permainan di area ini, diantaranya: Labirin, Bersepeda Gunung, Berkuda, dan Kereta Kelinci. Dan tak kalah pentingnya Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang tercinta, di kawasan lokasi ini juga terdapat beberapa ruko atau toko yang menjual souvenir atau oleh-oleh khas kota Batu dan air terjun Coban Rondo.

Nah itulah 2 contoh singkat teks deskripsi tentang tempat wisata singkat semoga dapat membantu.