Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan salah satu contoh teks laporan hasil observasi sampah beserta strukturnya pada pelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah

Definisi Umum
Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan.

Definisi Bagian
Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable. Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industri untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.
  • Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain.Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).
  • Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri.
  • Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami.Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin.
  • Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.
  • Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah.
  • Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia.
Penutup
Pada masa kini masih banyak orang yang tidak sadar telah menghancurkan lingkungan. Mereka banyak yang menghiraukan tentang bahaya/dampak apa yang akan timbul setelah lingkungan ini tercemar. Contohnya hal kecil dalam kehidupan sehari hari masih banyak yang menghiraukan bahaya apa yang akan ditimbulkan oleh sampah yang mereka buang sembarangan. Banyak juga yang membuat lubangan untuk menimbun sampah lalu membakarnya. Itu menimbulkan udara bisa tercemar. Banyak cara untuk menghilangkan kebiasaan itu contohnya dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, membuat tempat pembuangan akhir sampah dan mengelolanya dengan baik.

Nah itulah dia contoh dari teks laporan observasi sampah beserta strukturnya semoga dapat membantu pelajar dalam mengerjakan tugas sekolahnya.