Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Ceramah Umum Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks ceramah beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks ceramah singkat dibawah ini.
2 Contoh Teks Ceramah Umum Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ceramah Beserta Strukturnya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pendahuluan :
Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya’i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman & Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad SAW

Isi :
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang “sabar”. Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan, dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa. Sabar adalah pilar kebahagiaan seorang hamba, karena dengan kesabaran sesorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

Sabar merupakan ajaran yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalan kehidupannya. Kesabaran yang sebenarnya adalah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dihadapinya demi mendapat balasan yang baik di akhirat.

Baca Juga : 2 Contoh Teks Sejarah Beserta Strukturnya

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah:153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong. Allah juga menjanjikan kedudukan yang tinggi (di surga) bagi hamba-hambanya yang bersabar. Seperti firman Allah dalam QS Al-Furqaan:75
“Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.

Penutup :
Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh 2
Pendahuluan :
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit memberikan informasi dan mengajak kepada hadirin sekalian, khususnya teman-teman perihal mengembangkan kreativitas melalui hobi.

Isi
Hadirin yang berbahagia, apa itu hobi ? Bagaimana cara mengembangkan kreativitas melalui hobi ? Saya yakin Anda sekalian sudah mengetahuinya. Kegemaran atau hobi adalah kegiatan yang dilakukan dengan antusias karena adanya rasa suka yang lebih dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

Begitu banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyalurkan hobi yang kita miliki melalui hal-hal yang positif. Apalagi kita sebagai seorang pelajar, tentu banyak ide-ide kreatif yang dapat kita gunakan untuk menyalurkan hobi yang kita miliki. Sebagai contoh, saya mempunyai hobi menulis. Saya ingin tulisan saya tersebut dibaca oleh semua kalangan. Oleh karena itu, saya membuat blog pribadi agar memudahkan saya untuk menyalurkan kreativitas yang saya miliki. Selain berbagi ilmu, ternyata banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari blog, salah satunya adalah saya bisa mengetahui di mana letak kesalahan dalam penulisan yang buat dari komentar-komentar yang ada. Hal ini membuat saya semakin giat untuk mengasah kemampuan menulis saya.
Hadirin sekalian, banyak pengangguran yang sukses karena membuat blog dan mengisinya dengan hal-hal yang positif. Penyebabnya adalah di media sosial tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menulis karena tidak dibatasi jumlah minimum panjang tulisan. Dari aplikasi blog ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang cukup menggiurkan. Hal ini bisa terjadi jika blog-blog yang kita buat banyak yang mengunjungi dan otomatis akan membuat kita terkenal di dunia maya, khususnya blogger.

Penutup :
Hadirin yang berbahagia, marilah kita sedikit demi sedikit mengembangkan kreativitas melalui hobi yang kita miliki. Mari kita jadikan kegemaran kita untuk mengasah potensi diri.

Hadirin yang saya banggakan, demikian pesan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya. Jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Demikianlah contoh dari teks ceramah umum beserta dengan strukturnya semoga dapat membantu, terima kasih.