Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan salah satu contoh teks eksposisi tentang pendidikan beserta strukturnya yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Eksposisi Kesehatan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Olahraga Merupakan Pagar Kesehatan Tesis :
Olahraga adalah proses mengolah raga dengan beraktifitas fisik karna kebutuhan jasmani untuk menjaga kesehatan manusia. Aktifitas fisik seperti lari santai,lari cepat,jalan jongkok,sit up,push up,bulu tangkis,atau olahraga beladiri dapat menjaga kesehatan,selain itu minum air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan. Beraktifitas fisik memerlukan bergerak. Bergerak dalam beberapa waktu membuat tubuh berkeringat dan lelah. Biasanya setelah berolahraga,minum air putih sangat baik untuk memulihkan keadaan.

Argumentasi :
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,jiwa,dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif. Ketika kita sakit,maka kita tidak dalam keadaan sejahtera. Agar tidak sakit maka kita mengusahakan agar hidup sehat. Pola hidup sehat salah satunya adalah olahraga teratur. Olahraga dapat melancarkan aliran darah ,memperlancar pernafasan,menstabilkan suhu tubuh,dan menjaga saluran pencernaan. Dengan aliran darah yang lancar,pernafasan lancar,suhu tubuh stabil,dan saluran pencernaan terjaga maka kita akan berfisik sehat.

Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Karna banyak hal positif untuk kesehatan dari berolahraga. Olahraga dan kesehatan sangat saling dibutuhkan tubuh. Olahraga seperti pagarnya kesehatan. Sebagai contoh ketika kita sakit kita tidak bisa berolahraga. Ketika kita berolahraga maka

Bergerak,berkeringat,dan lelah adalah akibat dari berolahraga. Bergerak adalah menggerakan tulang dan otot agar berfungsi optimal. Berkeringat adalah proses mengeluarkan zat sisa proses pencernaan. Pencernaan dapat bekerja karena kita bergerak. Ketika bergerak maka kita akan merasa lelah karena jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Hal yang dapat dilakukan untuk meredakan lelah adalah dengan minum air putih. Bergerak,berkeringat,dan lelah adalah ciri-ciri fisik manusia sehat.

Aliran darah lancar,pernafasan lancar,suhu tubuh normal,dan pncernaan teratur juga merupakan ciri fisik manusia sehat. Karena itu,olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Kita harus berolahraga secara teratur agar kesehatan terjaga. Mulailah kita hilangkan kebiasaan buruk untuk tidak berolahraga. Hidup sehat dengan berolahraga dan minum air putih.

Itulah contoh teks eksposisi kesehatan singkat bahasa indonesia beserta strukturnya, semoga bermanfaat.