Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Mawar Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan salah satu contoh teks laporan hasil observasi bunga mawar beserta strukturnya pada pelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Mawar Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Mawar

Definisi Umum
Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias yang popular.

Tanaman yang memiliki lebih dari 100 spesies ini  memiliki tinggi 2-5 meter, batang yang berduri tajam dan halus licin, serta daun yang berbentuk menyirip dengan panjang 5-15 cm. Bunganya terdiri dari berbagai macam warna seperti merah, merah muda, putih, dan kuning. Pada mahkota bunga, terdapat 4-5 helai daun mahkota. Tanaman ini hidup di daerah yang sejuk

Definisi Bagian
Bunga mawar dapat dibudidayakan dengan cara stek batang, okulasi, dan menanam biji. Saat dalam masa pertumbuhan, perawatan adalah hal yang penting agar bunga tumbuh dengan indah dan kokoh. Beberapa cara dalam merawatnya antara lain dengan membasmi gulma dan rumput liar disekitar, memberikan pupuk secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis yang benar, serta menyiram tanaman sehari sekali. Waktu yang paling baik dalam menyiram tanaman adalah pagi dan sore hari saat suhu udara tidak terlalu panas. Kemudian melakukan pemangkasan terhadap dahan yang sudah kering dan tangkai yang sudah layu. Hal ini bertujuan agar tumbuh tunas-tunas baru serta batang menjadi kokoh.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sampah

Beberapa bunga mawar yang dapat kita temukan di Indonesia adalah wild rose (mawar liar), old garden roses, climbing roses, shrub rose, modern garden roses, buck roses, dan english rose.

Penutup
Karna bentuk dan warnanya yang indah, bunga mawar umumnya dijadikan tanaman hias. Namun dibalik keindahannya ternyata bunga mawar memiliki berbagai manfaat. Seperti antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Bunga mawar juga banyak digunakan sebagai bahan untuk kecantikan. seperti sabun, parfum, pelembab, dll.

Nah itulah dia contoh teks laporan hasil observasi bunga mawar beserta strukturnya semoga dapat membantu pembaca dalam mengerjakan tugas sekolahnya