Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks tantangan tentang sampah singkat yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks tantangan singkat dibawah ini.
Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah

Jika mendengar tentang sampah, tentunya benda ini sudah tidak asing lagi untuk kita. Jika mendengar kata ini sekilas akan terlintas setumpukan limbah yang berbau busuk melintas di benak kita. Para ahli mengartikan sampah sebagai benda atau meterial sisa hasil produksi maupun konsumsi yang sudah tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan lagi. Terkadang sampah juga sering diartikan sebagai barang yang merugikan karena dapat merusak keindahan dan aroma pada lingkungan sekitar. Maka dari itu kebanyakan orang akan membuang sampah karena sudah tidak berguna. Sampah sendiri dapat dapat dikategorikan berdasarkan bahan penyusunnya yakni sampah organik dan non organik.

Jika sampah tidak dibuang pada tempatnya maupun ditumpuk tanpa sistem pengelolaan yan baik maka sampah dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia disekelilingnya. Tumpukan sampah maupun sampah yang berserakan dapat mendatangkan hama dan wabah pengganggu seperti serangga lalat, kutu, kecoa, tikus, bakteri dan sebagainya yang tentunya dapat menimbulkan penyakit.

Memang sampah sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan jika berada di lingkungan terlebih lagi pada pemukiman padat penduduk. Maka dari itu, diperlukan adanya sistem pengelolaan sampah yang baik dengan melakukan daur ulang sampah untuk mencegah pencemaran lingkungan. Pada dasarnya, segala jenis sampah yang kita buang dapat kita olah kembali untuk dimanfaatkan. Seperti dijadikan bahan membuat kerajinan yang bersifat benefit dari segi ekonomi. Sistem pengelolaan sampah dapat dikategorikan menjadi 3 tahapan utama yakni tahap pengumpulan, tahap pemisahan/pengangkutan, dan tahap akhir yakni pengolahan.

Sampah tidak harus selalu dibuang begitu saja, melainkan harus dipilih berdasarkan jenisnya yang nantinya dapat dijadikan bahan daur ulang. Hal ini tentunya lebih baik dan ekonomis daripada hanya membuangnya saja di tempat pembuangan akhir. Hal ini diperkuat dengan pernyataan bahwa tempat pembuangan sampah akhir yang bercampur menjadi satu akan mengurangi dan bahkan merusak estetika lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi jika sampah tersebut hanya dibakar. Tentunya penyelesaian semacam ini malah akan menimbulkan perasalahan baru.

Sampah merupakan hasil akhir dari proses aktivitas manusia dan merupakan sebuah konsekuensi yang harus ditanggung. Namun banyak sekali manusia yang mengabaikannya dan tidak mau andil dalam mengolah sampah yang notabennya mereka hasilkan sendiri. Hal ini terjadi karena mereka selalu beranggapan sampah merupakan hal yang biasa dalam kehidupan yang sah sah saja meskipun tidak ikut dalam proses penanggulanannya.

Maka dari itu, cara paling tepat untuk mengatasi permasalahan sampah yang pertama dan utama berasal dari manusia itu sendiri. Peran serta dan kesadaran yang dimiliki semua orang sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Hal ini dapat terwujud bila setiap orang memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab untuk mengolah sampah yang mereka hasilkan sendiri.

Nah itulah contoh singkat teks tantangan tentang sampah, semoga bermanfaat.