Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Tantangan Tentang Narkoba Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan contoh steks tantangan tentang narkoba beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks tantangan singkat dibawah ini.
Contoh Teks Tantangan Tentang Narkoba Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Tantangan Tentang Narkoba

NARKOBA atau NAPZA adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Yang termasuk dalam NAPZA, yaitu Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

Masalah pencegahan penyalahgunaan NAPZA bukanlah menjadi tugas dari sekelompok orang saja, melainkan menjadi tugas kita bersama. Upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA yang dilakukan sejak dini sangatlah baik, tentunya dengan pengetahuan yang cukup tentang penanggulangan tersebut. Peran orang tua dalam keluarga dan juga peran pendidik di sekolah sangatlah besar bagi pencegahan penaggulangan terhadap NAPZA.

Narkotika menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika, yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Baca Juga : Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah Dan Strukturnya

Narkoba sendiri secara umum didefinisikan sebagai suatu bahan yang tersusun dari beberapa unsur yang dicampur dengan menggunakan bahan aktif. Campuran bahan yang digunakan di dalam narkoba termasuk kedalam golongan narkotika, psikotropika, serta bahan adiktif.

Sudah banyak yang berpendapat bahwa narkoba merupakan obat terlarang dan sangat berbahaya untuk tubuh orang yang mengkonsumsinya. Tetapi anggapan mereka tak sepenuhnya benar.

Karena narkoba adalah suatu obat yang biasa digunakan dalam dunia medis atau ilmu kesehatan. Dimana Kebutuhan narkoba juga diperlukan bagi penderita penyakit tertentu.

Tetapi, narkoba yang diberikan oleh dokter kepada pasiennya pastilah sesuai dengan ilmu medis serta ketentuan yang berlaku yang berbasis kesehatan. Jadi penggunaan tersebut tak terlalu berefek samping.

Apabila kita menemui pengguna narkoba yang ada disekitar kita atau di jalanan, lalu kita melihat bahwa pengguna tersebut gila, berarti itu disebabkan karena penyalahgunaan obatnya.

Narkoba yang seharusnya digunakan untuk penyembuh penyakit yang penggunaannya harus digunakan secara hati-hati, tetapi malahan disalahgunakan. Hal tersebutlah yang mendapatkan citra buruk bagi masyarakat.

Demikianlah contoh teks tantangan tentang narkoba beserta strukturnya, semoga dapat membantu.