Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Kritikan Dan Kalimat Pujian Singkat

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat kritikan dan kalimat pujian singkat yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas.
Contoh Kalimat Kritik Dan Kalimat Pujian Singkat
Mengkritik adalah memberikan tanggapan, kadang-kadang disertai dengan uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya sastra, karya seni, atau pendapat. Kritikan yang baik disertai dengan alternatif untuk memperbaiki sesuatu yang dikritik. Kritikan muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka akan sesuatu.

Contoh kalimat kritikan
  • Warna merah pada lukisan ini terlalu mencolok. Warna lain tidak kelihatan. Sebaiknya, warna merah dibuat agak tua.
  • Syair lagu itu tidak mencerminkan semangat sehingga tidak sesuai dengan judulnya. Sebaiknya, ditambah dengan kata-kata yang membangkitkan semangat.
Selain memberikan kritikan, adakalanya seseorang memberikan pujian terhadap sesuatu. Pujian adalah menyampaikan penghargaan yang tulus akan kebaikan atau keunggulan sesuatu. Memuji atau memberikan pujian adalah melahirkan kekaguman dan penghargaan pada sesuatu yang dianggap baik, indah, gagah, berani, dan sebagainya. Memberikan kritik harus efektif, yaitu memberikan kritik kepada orang yang tepat dan benar-benar bisa diterima dan dilakukan oleh orang yang diberi kritik.

Contoh kalimat pujian
  • Lukisan ini benar-benar bagus. Binatang yang ada dalam lukisan ini seperti benar-benar hidup.
  • Syair lagu ini sangat bagus. Kata-katanya membangkitkan semangat para remaja.
Memberikan kritik atau pujian harus dengan bahasa yang lugas. Ingatlah yang dikritik bukan orangnya. Jadi, jangan mengucapkan kalimatkalimat kritikan yang menyinggung perasaan.

Nah itulah contoh dari kalimat kritikan dan kalimat pujian singkat, semoga dapat membantu.