Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksemplum Tentang Persahabatan Beserta Strukturnya

Yoo kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksemplum tentang persahabatan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks diskusi singkat dibawah ini.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Persahabatan

Persahabatan
Dipagi hari yang cerah,ada seorang gadis bernama Lina berjalan menuju kelasnya. Lina adalah murid yang rajin,baik,dan mudah bergaul. Dia memiliki banyak teman dan tiga orang sahabat. Ketiga sahabat itu adalah Beni,Bena,dan Asti. Mereka sudah bersahabat sejak kecil. Mereka selalu bermain bersama karena jarak rumahnya yang berdekatan. Seperti layaknya sahabat mereka selalu bersama hingga merasakan suka dan duka pun bersama.
       
Sesampainya Lina di kelas, ia mendengar seorang temannya bercerita tentang Asti yang hanya memanfaatkan Lina. Mendengar sahabatnya menjadi perbincangan, Lina pun menjadi penasaran dan mulai bertanya kepada teman-temannya. Setelah bertanya ke beberapa temannya yang ada di kelas, ia pun mulai terpengaruh dengan teman-temannya. Ia menganggap Asti adalah teman yang tidak tau berterima kasih. Asti sudah dianggap seperti saudara sendiri oleh Lina, mereka selalu bersama kemana-mana. Lina mulai tidak menyukai Asti, Asti yang tidak tau apa-apa hanya terlihat kebingungan dengan sikap Lina. Asti pun bertanya kepada Bena dan Beni tentang sikap Lina. Tak lama setelah Asti berbincang dengan kedua sahabatnya, Lina datang dan memarahi Asti dengan kata-kata yang kasar. Lina bilang bahwa Asti itu orang yang tidak tau berterima kasih dan hanya memanfaatkan orang saja.

Dengan nada pelan, Asti meminta maaf atas kesalahannya dan mengaku bahwa dulu ia sempat mengejek Lina. Namun Lina tidak mau memaafkannya, Bena dan Beni datang dan membujuk Lina untuk mau memaafkannya, karena semua orang pun pasti punya salah. Setelah berbincang dan membujuk Lina, Bena dan Beni pun berhasil untuk membuat Lina memaafkan kesalahan Asti. Lina menghampiri Asti yang sedang menangis dan meminta maaf karena sudah membentaknya di depan teman-temannya. Akhirnya Asti dan Lina pun saling memaafkan satu sama lain dan memulai persahabatan mereka kembali.

Contoh 2
Kejujuran Seorang Anak
Pada suatu hari, ada seorang anak yang bernama Andi. Dia hidup disuatu desa bersama ibu nya. Dia masih bersekolah, dan sekarang dia sudah kelas 6 SD. Setiap pulang sekolah dia bekerja sebagai penjual koran. Ibu nya bekerja sebagai penjual kue. Dia bekerja untuk mencari nafkah karena pendapatan ibu nya sebagai penjual kue kurang. Dia bekerja semenjak ayah nya meninggal.
         
Pada saat kelulusan Andi tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMP karena kekurangan biaya dan juga dia harus membantu ibunya mencari uang untuk biaya kehidupan sehari-hari. Di suatu hari, ketika ia sedang menjajakan koran ia menemui sebuah " cek " yang bernilai sangat besar atas nama Hartono. Ia pun mengambilnya dan mencari pemilik cek tersebut. Pada saat ia sedang mencari-cari pemilik cek tersebut, tanpa sengaja ia bertemu dengan seorang lelaki yang sedang kebingungan, Ia pun menjumpai lelaki tersebut dan bertanya " Permisi, ada yang bisa saya bantu pak? Nampaknya bapak sangat kebingungan. " dan lelaki tersebutpun menjawab " Iya, saya kebingungan karena cek yang bernilai besar milik saya telah hilang di jalan." Sang anak itupun menunjukkan sebuah cek dan berkata " Apakah cek ini milik bapak? " dan bapak itupun menjawab " Iya, ini milik saya,terima kasih kamu telah menemukannya. Apakah kamu masih bersekolah nak ? " Ujar Sang bapak. Andipun menjawab " Saya tidak bersekolah lagi karena kekurangan biaya semenjak ayah saya meninggal pak. " dan sang bapak itupun tersentuh hatinya dan berniat untuk menyekolahkannya. Dan akhirnya Andipun bisa melanjutkan sekolah ke SMP karena kebaikannya tersebut.
         
Hikmahnya jika kita menemukan barang milik orang lain, kita harus mengembalikannya karena barang itu bukan hak milik kita dan semua kebaikan yang kita lakukan pasti ada balasannya.

Demikianlah contoh teks eksemplum tentang persahabatan beserta strukturnya, terima kasih atas kunjungan anda.