Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Ulasan Novel Singkat (Surat Untukmu Sahabat, Mawar Merah Matahari)

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks ulasan novel indonesia (Surat Untukmu Sahabat, Mawar Merah Matahari) yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk referensi mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Ulasan Novel Singkat (Surat Untukmu Sahabat, Mawar Merah Matahari)
Contoh 1
Judul novel        : Surat untukmu Sahabat
Penulis              : Bunga Riska Nizam
Penerbit            : Aletta Pictures
Jenis buku         : Fiksi
Tahun terbit       : 2013 (cetakan ke-5)
Tebal halaman    : 120 halaman
Harga buku        : Rp. 40.000,00

Orientasi :
Surat untukmu Sahabat adalah novel karya Bunga R. Nizam yang menceritakan tentang Surat terakhir untuk Sahabat. Dia bernama Keke. Saat itu,terakhir kalinyaAndini,Dinda,Fachda,Ida,dan Mayamerayakan  ulang tahun keke. Ketika dia dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya. Waktu berlalu dan semua nya terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di SMP Al-Kamal, akhirnya tahun ini Keke,Andini,Dinda,Fachda,Ida,dan Maya. tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan yang sudah kami bisa sejak SMP dulu.

Tafsiran :
Saat itu,Keke tak lagi mampu menahan kesedihan ketika dia melihat rambutnya memenuhi genggaman tangannya. Hal ini menunjukan bahwa kami pun juga merasa kannya.Saat itu,kami kehilangan seorang sahabat akhir tahun lalu,tepatnya tanggal 25 Desember 2006.Berat membayangkannya. Hari ini kami berlima janjian akan bertemu di pemakaman Keke tepat pukul 4.00 sore. Syifa kebagian membawa kue ulang tahun,Ida akan menyiapkan lilin-lilinnya,sementara yang lainnya menyiapkan kebutuhan berziarah seperti bunga,air dan payung.  Kegiatan berziarah di hari ulang tahun Keke ini juga dilakukan oleh Kak Cika,Kak Kiki,dan Pak Jody. Hari ini,Ida yang tiba lebih dulu sempat menyaksikan ibu kandung Keke itu berziarah dan menangis di pusaranya. Ida mendapati pemandangan yang mengharukan sebab ketika menceritakannya saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam sudah berlalu dan kami masih bersimpuh di pusara Keke. Saat itu, ketika Keke masih di rawat di rumah sakit. Menurut Kak Cika,setelah kami pamit untuk sholat magrib,Keke sempat membuka mata dan menyampaikan pesannya meski tak mampu diucapkan dengan bahasa lisan yang tak jelas. Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat menyodorkan secarik kertas dan pena yang akhirnya itu menjadi pesan Keke yang terakhir. Tak lama,Keke pun menghadap sang illahi. Kami tidak ada di sisinya ketika Keke pergi karena sedang berdo’a bersama meminta yang terbaik untuknya. Akhirnya kami berenam berhasil juga berkumpul bersama. Hari natal dipilih sebab saat inilah kami diliburkan dari segala aktifitas yang ada. Apalagi Dinda yang sudah siap bergabung untuk membaca Surat Keke yang baru dibaca sepeninggal .Dengan segenap rasa yang bercampur di dalam dada,kami terdiam dan memasang telinga tajam-tajam. Setelah membaca Surat Keke,kami semua akhirnya merenovasi segala harapan dan mencoba menyisipkan permohonan-permohonannya di dalam segala pencapaian kami.

Evaluasi :
Kekurangan :
Cerpen ini ada beberapa penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya kata-kata pengemis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata-kata kiasan pengemis.
Kelebihan :
Cerpen karangan gadis kelahiran Bali ,17 Agustus 1986 ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Serta,ceritanya yang berisi tentang persahabatan. Kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. Sehingga, pembaca juga lebih mudah memahami isinya.

Rangkuman :
Tetapi,dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut cerpen ini yang mengajarkan tentang arti sahabat sebenarnya. Dan cerpen ini sangat cocok untuk para remaja di indonesia. Sebab,didalamnya terkandung pesan yang bermakna, yang dapat memotivasi agar kita mudah bersahabat dan setia.

Contoh 2
Judul     : Mawar Merah Matahari                                                
Penulis : Luna Torashyngu                                  
Jenis Buku : Fiksi
Penerbit         : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I          : Juni 2011
Tebal Halaman : 384 halaman

Orientasi
Mawar Merah Matahari adalah novel ketiga dari trilogi Mawar Merah karya Luna Torashyngu. Novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang gadis yang merupakan pembunuh bayaran bernama Rachel (atau yang kadang juga disebut Elsa) untuk mencari sahabatnya, Riva, agar dapat mencegah perang terbuka antara dua kelompok kriminal besar di Jepang. Riva sangat sulit untuk ditemukan, karena ia selalu berpindah-pindah demi menghindari kejaran para pembunuh lain yang terus memburunya.  Bahkan Rachel pun sampai harus menunda untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, yaitu untuk bertemu mamanya yang baru tersadar dari tidur yang sangat panjang.

Tafsiran
Pada bab pertama novel ini, sang penulis, Luna Torashyngu, menceritakan awal cerita sang tokoh utama serta cerita mosaik yang ain menjadi petunjuk teka-teki pada bab-bab selanjutnya, dan pada bab inilah, Luna Torashyngu menunjukkan akan banyak kejutan di novel ini. Selain itu, Luna juga memperkenalkan tokoh baru yang akan menjadi salah satu tokoh utama, yaitu Matahari. Azuka yang tidak lain adalah Matahari, dikisahkan sebagai seorang siswa SMU yang sedang diteror dan pada puncaknya ia mendapat banyak luka yang akan menjadi identitasnya pada novel ini. Shunji yang merupakan pengasuh dan guru Rachel sejak kecil diteror oleh muridnya sendiri, yaitu Kenji yang masih memiliki hubungan darah dengan Shunji. Sedangkan sang Mawar Merah alias Rachel diceritakan sedang diuji oleh seorang kakek yang mengajarkan ilmu bela diri dari tanah kelahiran ibunya, yaitu Pencak silat yang berasal dari Indonesia.

Selanjutnya, cerita-cerita pada masing-masing latar yang dikisahkan pada bab 1 akan bersatu dan akan menciptakan kisah-kisah lain yang berhubungan erat dengan novel-novel sebelumnya. Yang akan banyak berperan dalam novel ini mayoritas adalah penerus dari tokoh-tokoh pada novel sebelumnya dan akan lebih banyak pembunuh-pembunuh bayaran yang terlibat. Teknologi yang digunakan pun semakin canggih dan mengejutkan. Pembaca yang memiliki imajinasi tinggi akan merasa puas dan senang karena imajinasinya akan menjadi nyata dalam novel ini. Peristiwa – peristiwa besar di luar perkiraan pembaca akan turut menghiasi novel ini. Namun,  akhir cerita dari novel ini sungguh di luar harapan dan perkiraan kebanyakan pembaca. Bagai pisau bermata dua, mungkin kalimat itulah yang dapat menggambarkan akhir kisah novel ini. Banyak tokoh yang berakhir menyedihkan, namun dalam hati mereka merasa senang

Evaluasi
Luna Torashyngu memang terkenal sebagai penulis kisah-kisah heroik para srikandi dengan tema dan latar belakang yang berbeda-beda. Dalam novel ini, Luna membawa cerita tentang dunia pembunuhan yang dikemas dengan sentuhan modern dan mendunia. Para pembaca akan menemukan banyak misteri dan kejadian yang akan membuat penasaran yang dikemas dalam cerita yang panjang dan kompleks. Seakan-akan Luna mengajak para pembaca untuk ikut berpikir dan menalar setiap kejadian-kejadian dalam novel ini sehingga ketika membaca novel ini akan timbul ketegangan yang tinggi dan juga dapat menambah pengetahuan pembacanya. Aksi – aksi menegangkan para tokoh juga digambarkan dalam bahasa yang cantik dan sederhana sehingga setiap kejadian akan tergambar dengan mudah seakan-akan menjadi nyata. Dengan didukung oleh intelektual dan daya imajinasi yang tinggi, novel ini akan menjadi novel Science-fiction yang epik dan digemari para remaja masa kini.

Meskipun isi dari novel ini sangat cerdas dan tidak biasa, namun cover dari novel ini sangat bertolak belakang dengan isinya karena kurang menarik. Memang masih nampak aura misterius dari cover novel ini. Selain itu, dari novel pertama dan kedua menuju novel ketiga, terjadi pergeseran genre yaitu dari fiksi menjadi Science – fiction dan juga ada beberapa kejadian yang kurang saintis dan terlalu tercampur aduk.

Simpulan
Tetapi, setelah dicetak ulang, cover novel Mawar Merah Matahari ini menjadi lebih modern dan menarik. Pergeseran genre dan adanya hal-hal yang kurang masuk akal bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan. Karena telah dikemas dengan bahasa yang bagus maka kekurangan tersebut tidak telau nampak. Novel ini juga mengajarkan kepada para pembacanya tentang toleransi dan kebersamaan yang kuat meski hanya hubungan pertemanan yang ditunjukkan dari kisah Riva dan Rachel.