Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Ulasan Film "Sang Pemimpi" Singkat Beserta Strukturnya

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks ulasan film indonesia (Sang Pemimpi) yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk referensi mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Ulasan Film Sang Pemimpi Singkat Bahasa Indonesia
Sang Pemimpi
Sutradara        : Riri Riza
Produser         : Mira Lesmana
Penulis            : Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
Music             : Said Effendi
Distributor     : Miles film dan Mizan Production
Rilis                : 17 desember 2009
Durasi             : 120 menit
Bahasa            : Indonesia
Anggaran        : Rp 11 miliar
Prekuel           : Laskar Pelangi
Sekuel             : Edensor
Pemain           :
  • Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
  • Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
  • Rendy Ahmad sebagai Arai remaja. 
  • Nazriel Ilham (Ariel "NOAH") sebagai Arai dewasa. 
  • Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
  • Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
  • Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
  • Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
  • Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
  • Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik 
  • Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
  • Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1 :
Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film Sang Pemimpi adalah sekuel dari Film Laskar Pelangi yang menceritakan tentang kehidupannya di Belitong pada masa SMA.

Orientasi 2 :
Tiga tokoh utama dalam film ini adalah Ikal, Arai dan Jimbron. Ikal tidak lain adalah Andrea Hirata sendiri, sedangkan Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu ketika masih kecil. Arai disebut sebagai simpai keramat, karena dalam keluarganya ia adalah orang terakhir yang masih hidup dan ia pun diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Arai dan Ikal yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya melewati kisah persahabatan yang terjalin dari kecil hingga mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang berdiri di Belitong.

Tafsiran Isi 1 :
Demi memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari dan pergi ke sekolah setelahnya. Namun begitu, mereka tetap gigih belajar sehingga selalu berada dalam peringkat lima teratas dari 160 murid di sekolahnya. Sekolah tersebut berada 30 kilometer dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar dan hidup jauh dari orang tuanya.

Tafsiran Isi 2 :
Pada bukunya, Andrea Hirata menceritakan bahwa Ikal dan kedua temannya adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Namun berbeda dengan guru yang bernama Pak Balia, ialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

Tafsiran Isi 3 :
Di dalam film tersebut, selama masa SMA, banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Ikal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar saat upacara bendera sehingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop yang tidak mengizinkan anak sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar mengetahui hal tersebut sehingga Ikal dan Arai diberi hukuman keesokan harinya di sekolah.

Tafsiran Isi 4 :
Film ini mempunyai kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan setia kawan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam, serta kisahnya yang mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat terbatas namun mempunyai cita-cita yang besar.

Tafsiran Isi 5 :
Sayangnya, alur dalam cerita tersebut tidak jelas karena waktunya di bolak-balik sehingga ceritanya membingungkan penonton.

Evaluasi :
Film ini sangat memotivasi pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan namun menyenagkan untuk ditonton serta menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Selain itu, banyak kejadian lucu yang menarik bagi penontonnya.. Penonton film Sang pemimpi menembus 2 juta penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa. Film ini bisa ditonton oleh semua kalangan.

Rangkuman :

Pelajaran yang dapat diambil dalam film Sang Pemimpi yaitu bahwa semangat dan sifat pantang menyerah dapat mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha dengan maksimal, kesetian dan saling percaya dan saling menjaga juga kunci dari menjalin hubungan yang sejati bersama sahabat. Dan mimpi adalah sesuatu yang penting, karena mimpi merupakan anak tangga pertama untuk menuju kesuksesan.