Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Ulasan Film "5 cm" Singkat Beserta Dengan Strukturnya

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks ulasan film indonesia (5 cm) yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk referensi mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Ulasan Film "5 cm" Singkat Beserta Dengan Strukturnya
Judul Film :  5 CM
Tahun       : 2012
Sutradara : Rizal mantovani
Pemain     : 1. Herjunot Ali sebagai Zafran
                  2. Fedi Nuril sebagai Genta
                  3. Denny Sumargo sebagai Arial
                  4. Raline Shah sebagai Riani
                  5. Igor Saykoji sebagai Ian
                  6. Pevita Pearce sebagai Dinda

1. Orientasi :

Film yang diangkat dari novel nasional Bestseller “5CM” karya Donny Dhirgantoro dibuat menjadi sebuah film yang disutradarai Rizal Mantovani, film ini bergendre drama yang sangat menginspirasi dan diperankan oleh aktor hebat yaitu, Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Raline Shah (Riani), Igor Saykoji (Ian), Pevita Pearce (Dinda).

2. Tafsiran Isi 1 :

Gemina remaja yang telah menjalani persahabatan yang cukup lama, akhirnya mereka berlima marasa jenuh dengan relationship ini, dan mereka akhirnya memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji untuk tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain selama tiga bulan. Namun setelah tiga bulan berpisah, banyak kerinduan yang mereka rasakan. Dalam perpisahan singkat itu, mereka memutuskan sesuatu yang merubah hidup mereka berubah menjadi lebih baik lagi. Akhirnya mereka memutuskan untuk kembali bertemu dan merakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi jawa yaitu Gunung Semeru. Perjalanan mereka mendaki gunung untuk mengibarkan bendera merah putih tepat pada tanggal 17 agustus. Sebuah perjalanan yang membuat mereka lebih mencintai indonesia.

3. Tafsiran Isi 2 :

Humor, tingkah laku, dan percakapan yang terjadi bisa dianggap keseharian yang pernah terjadi di dunia nyata. Pada suatu malam mereka main kerumah Arial, berkumpul ditempat mereka biasa ngobrol dan bersantai ria. Tanpa disangka-sangka Genta memiliki gagasan untuk tidak bertemu tiga bulan.

4. Tafsiran Isi 3 :

Tiga bulan lamanya telah berlalu, Genta menghubungi sahabatnya dan memberitahu mereka selama seminggu harus setiap hari latihan lari untuk mempersiapkan diri. Mereka berkumpul di stasiun kereta untuk menuju keberangkatan ketempat misterius yang Genta janjikan. Rasa penasaran mereka akhirnya terjawab, mereka akan mendaki puncak tertinggi jawa, Mahameru.

5. Tafsiran Isi 4 :

Kelucuan pun terjadi saat sudah sampai di tanjakan cinta, dinamakan tanjakan cinta kerena bentuk dari tanjakan itu membentuk simbol cinta. Jika kita menanjak tanpa melihat kebawah dan memikirkan seorang wanita yang ingin kita miliki dipercaya keinginan akan terwujud.

6. Tafsiran Isi 5 :

Saat menegangkan pun tiba, mereka berlima sudah mencapai kaki mahameru. Suhu di tempat tersebut sangat dingin, bila tidak banyak gerak bisa kaku kedinginan. Arial yang saat itu tidak kuat lagi, dengan dorongan semangat dari teman-temannya dan akhinya bisa melanjutkan mendaki.

7. Evaluasi :

Film ini sangat mengagumkan dan banyak kata-kata yang memberi motivasi, karena di film ini menceritakan tentang seorang remaja dengan perjalanan hati demi mengibarkan sangsaka merah putih di puncak tertinggi jawa yaitu mahameru pada tanggal 17 agustus. Sebuah perjalanan yang penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai tanah air yaitu indonesia, petualangan dalam cerita ini bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang ilahi diatas gunung.

8. Rangkuman :

Film ini sangat layak ditonton karena didalamnya banyak sekali yang dapat diambil. Kisah lima orang sahabat yang ingin mengibarkan bendera merah putih diatas puncak tertinggi Jawa yaitu Gunung Semeru.