Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah Bahasa Indonesia

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks deskripsi tentang sekolah singkat dan strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks deskripsi singkat dibawah ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah 

Contoh 1
Wina membuka pintu kelasnya perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai tapalak putih. Di atas taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu. Vas bunga tersebut bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka dan kalender duduk.

Wina lalu memasuki ruang kelasnya dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan. Tampak satu buah white board yang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri white board tersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan white boardterpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan karya siswa.

Wina memutar pandanganya ke belakang kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk dan daftar kelompok belajar.
Selain itu, ditatapnya dinding kiri kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.

Wina berpaling kedinding kanan. Disana tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.

Wina menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung lagi karena pasti ada 40 meja dan 80 kursi. Dan tanpa kata wina berjalan kebangkunya sendiri,dan duduk manis disana.

Contoh 2
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Belajar mengajar tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Berbagai kegiatan seperti bagaimana membiasakan seluruh warga sekolah disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku disekolah, saling menghormati, membiasakan hidup bersih dan sehat serta memiliki semangat berkompetisi secara fair dan sejenisnya merupakan kebiasaan yang harus ditumbuhkan di lingkungan sekolah sehari-hari.

Salah satu kultur sekolah kami yang akan saya bahas disini adalah tentang kedisiplinan. Disiplin itu sendiri adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Disiplin bukan hanya suatu ucapan, melainkan disiplin itu dibuktikan dengan perilaku yang menunjukan bahwa orang tersebut disiplin.

SMA Negeri 3 Cilacap memang sekolah yang diidolakan oleh siswa-siswa SMP, khususnya mereka yang akan berganti seragam dari putih biru menjadi putih abu-abu. Mungkin mereka yang belum terikat atau bahkan tidak terikat sebagai warga SMA Negeri 3 Cilacap akan berfikir bahwa sekolah ini sangat membebaskan siswanya dalam bertindak dalam segala hal. Namun itu salah, bagaimana mungkin siswa dan guru akan disiplin jika tidak ada aturan yang membatasi tindakan mereka. Sekolah ini tidak sebebas yang mereka bayangkan, karena setiap siswa dan guru diikat oleh sebuah aturan dan akan mendapat sanksi jika melanggar aturan tersebut.

Disiplin memang mudah untuk diucapkan. Tetapi bagi beberapa siswa dan guru sikap disiplin sangat sulit untuk diwujudkan. Kedisiplinan sangat penting untuk sekolah ini dan pastinya bukan hanya sekolah ini saja tetapi sekolah-sekolah lain pasti juga amat sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan.

Disiplin ada karena beberapa aturan. Aturan disekolah ini bukanlah aturan yang mudah untuk diacuhkan, melainkan aturan yang sangat perlu dilaksanakan dan tidak untuk dilanggar. Karena setiap yang melanggar akan mendapat sanksi. Jika sekolah ini tidak memiliki aturan yang mengikat, maka sikap kedisiplinan sisa dan guru tidak akan terwujudkan. Dan akan menyebabkan kegiatan sekolah yang sangat berantakan.

Di SMA Negeri 3 Cilacap bukan hanya siswa yang dituntut untuk disiplin. Semua guru juga dituntut untuk disiplin dalam segala hal. Karena bagaimanapun seorang guru merupakan cermin bagi anak didiknya dalam sikap atau teladan, dan sikap disiplin guru akan memberikan warna terhadap hasil pendidikan yang jauh lebih baik.

SMA Negeri 3 Cilacap merupakan salah satu sekolah yang unggul karena kedisiplinan yang selalu dilaksanakan oleh siswa dan gurunya. Terbukti SMA Negeri 3 Cilacap  pernah menjuarai kegiatan lomba sekolah hijau atau lebih dikenal dengan istilah Green School. Semua itu terwujud karena kedisiplinan terhadap lingkungan yang diwujudkan oleh siswa dan guru untuk menjaga dan merawat lingkungan sekolah.

SMA Negeri 3 Cilacap sangat terkenal kedisiplinannya. Berikut adalah beberapa sikap disiplin yang dapat diwujudkan oleh siswa dan guru di sekolah ini. Yang pertama adalah disiplin dalam menggunakan waktu. Hal ini dibuktikan oleh seluruh siswa yang berangkat sekolah atau berada di lingkungan sekolah sebelum jam tujuh pagi. Dan jika ada yang datang terlambat atau lebih dari jam yang ditentukan, maka akan diberi sanksi karena telah melanggar aturan. Begitupula dengan semua guru pendidik jika melanggar aturan akan diberi sanksi.

Selain disiplin dalam menggunakan waktu, siswa dan guru disekolah ini juga disiplin dalam beribadah. Karena kedisiplinan dalam beribadah sangat dibutuhkan. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan sholat duha yang dilaksanakan oleh siswa dan guru, saat bel istirahat pertama berbunyi maka siswa dan guru bergegas menuju masjid. Dan waktu istirahat kedua biasanya pukul 12.00 digunkan untuk sholat dhuhur berjmaah. Setiap pagi sebelum waktu pelajaran dimulai juga diadakan baca Al-Quran bersama bagi siswa dan guru yang beragama islam serta bagi siswa yang beragama selain islam, misalnya kristen ataupun katholik juga akan mendapat bimbingan kerohanian.

Sikap disiplin yang ketiga yang dapat diwujudkan oleh seluruh warga sekolah adalah disiplin sosial. Disiplin sosial yang telah terwujud dibuktikan dengan kegiatan sosial yang dilakukan oleh seluruh warga kepada masyarakat yang kurang mampu yang tinggal disekitar sekolah.

Yang ke empat adalah disiplin dalam belajar. Disiplin belajar adalah salah satu sikap disiplin yang terpenting bagi seluruh siswa SMA Negeri 3 Cilacap. Disiplin dalam belajar diwujudkan dengan kesuksesan siswa yang mengantar SMA Negeri 3 Cilacap menjadi salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Bukan hanya itu siswa SMA Negeri 3 Cilacap juga unggul dalam nilai-nilai akademis maupun non akademis. Semua itu terwujud karena kedisiplinan siswa dalam belajar baik di sekolah saat KBM ataupun dirumah.

Namun semua kedisiplinan itu tidak akan terwujud tanpa adanya disiplin diri atau disiplin pribadi yang dimiliki oleh setiap individu. Tidak semua individu memiliki kedisiplinan diri. Jika individu tidak memiliki sikap disiplin maka akan diadakan pendisiplinan. Karena disiplin merupakan hal yang dapat dilatih. Pendisiplinan itu sendiri adalah usaha untuk menanamkan atau memaksa setiap individu agar memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.

Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Sebenarnya masih banyak sikap disiplin yang diwujudkan oleh siswa dan guru SMA Negeri 3 Cilacap. Namun hanya disiplin lingkungan, disiplin waktu, disiplin beribadah, disiplin belajar serta disiplin sosial yang dapat saya uraikan disini. Semoga karangan ini dapat menjadi sebuah karangan yang menggambarkan tentng kedisiplinan yang ada di SMA Negeri 3 Cilacap.