Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Radiasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan beberapa contoh konveksi yang merupakan salah satu materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
10 Contoh Radiasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Lengkap
Radiasi adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik, seperti cahaya tampak, ultra violet dan inframerah.

Contoh : Perpindahan kalor dari matahari menuju ke bumi. Matahari memiliki suhu yang lebih tinggi daripada bumi. Karena terdapat perbedaan suhu antara matahari dan bumi, maka scara otomatis kalor berpindah dari matahari menuju bumi.

Dalam fisika, konsep yang berhubungan adalah :
  • Radiasi Ionisasi adalah sebuah semburan partikel (seperti photon) dengan energi yang berkecukupan untuk menyebabkan ionisasi atom atau molekul.
  • Radiasi Non-ionisasi seperti radiasi ionisasi, hanya tidak memiliki cukup energi.
  • Radiasi Elektromagnetik : cahaya adalah salah satu bentuknya yang tampak mata; radiasi termal adalah bentuk panas keseluruhan, jangkauan panjanggelombang mencakup gelombang frekuensi sangat rendah dengan panjang dalam km, radio AM, radio FM, TV dan gelombang mikro, inframerah (panas) gelombang, cahaya tamapak, ultraungu, sinar-X, dan sinar gamma.
  • Radiasi Gravitasi
  • Radiassi Partikel adalah sebuah bentuk radiasi dimana unsur individual bersikap seperti partikel.
    Contoh : radiasi neutron cepat atau lambat
  • Radiasi Cherenkov adalah pemancaran radiasi elektromagnetik oleh partikel bermuatan bergerak melalui sebuah medium terinsulasi lebih cepat dari kecepatan cahaya dalam medium tersebut.
  • Radiasi Syncrhotron dipancarkan oleh partikel bermuatan yang dipercepat dalam medan magnet dan bergerak mendekati kecepatan cahaya.
Contoh Radiasi 
1. Sinar matahari sampai ke bumi
2. Petani mengeringkan padi dengan sinar matahari
3. Udara terasa panas ketika membakar sampah
4. Rasa panas di dekat api unggun
5. Dinding rumah terasa hangat karena sinar matahari
6.  Pakaian yang kering ketika dijemur
7. Udara terasa panas saat berada di dekat kompor yang menyala
8.  Ikan asin menjadi kering ketika di letakkan dibawah terik matahari
9.  Tubuh menjadi berkeringat ketika kepanasan di lapangan terbuka

Radiasi Pada Matahari
Energi kalor dari matahari dipancarkan ke bumi dengan cara radiasi, yaitu melalui pemancaran gelombang elektromagnetik. Jika menyentuh suatu benda, gelombang elektromagnetik akan berubah menjadi kalor.

Alat yang digunakan untuk menyelidiki sifat pancaran dan penyerapan berbagai permukaan benda terhadap kalor adalah termoskop.

Dengan termoskop, diketahui bahwa benda yang permukaannya hitam akan bersifat sebagai pemancar dan penyerap kalor yang baik. Sebaliknya, benda yang permukaannya mengkilap bersifat sebagai pemantul dan sulit menyerap kalor.

Semoga artikel tentang contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari diatas dapat membantu, semoga bermanfaat.