Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksposisi Lingkungan (Banjir, Sampah) Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 5 contoh teks eksposisi lingkungan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksposisi Lingkungan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Kasus bencana banjir yang sering melanda ibu kota merupakan masalah pelik yang masih menjadi momok menakutkan bagi pemerintah provinsi DKI. Banjir sudah seperti bencana musiman di Jakarta, mengapa tidak? banjir yang sering melanda dapat melumpuhkan aktivitas kota sehingga produktivitas kerja menurun. Hal ini mencakup berbagai hal di bidang kehidupan.

Jika saja semua warga Jakarta ikut serta menjaga lingkungan, maka dampaknya tidak akan separah ini. Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap anggota masyarakat adalah membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya itu, setiap anggota masyarakat juga berkewajiban menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan-kerusakan yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan selokan dan saluran air dari kotoran-kotoran yang menyumbat jalannya air, terutama sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu penyebab utama penyumbatan saluran air sehingga dapat menyebabkan banjir, khususnya di jalanan. Jakarta sebagai Ibu Kota negara harus bebas dari bencana banjir. Karena sebagai pusat pemerintahan sudah seharusnya, Jakarta menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas kenegaraan. Cobalah kita lihat wilayah DKI secara geografis, DKI Jakarta merupakan suatu kota yang dilalui oleh 13 Sungai dan 40% wilayahnya merupakan dataran rendah yang sebagian besar elevasinya dibawah permukaan laut. Penurunan muka tanah (land subsidence) terjadi karena pemanfaatan air tanah yang tidak terkontrol dan bertambahnya pemukiman dan bangunan tinggi untuk mengakomodasi pertambahan jumlah penduduk akibat urbaninasi.

Nah, Oleh karena itu setiap anggota masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah DKI wajib menjaga lingkungan dari kerusakan yang dapat menimbulkan bencana, khususnya bencana banjir yang kerap melanda ibu kota. Semua kalangan hendaknya menggalakkan upaya mencegah dari pada mengobati. Jadi setiap anggota masyarakat juga berkewajiban menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan-kerusakan yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir.

Contoh 2
Sebagaimana yang kita ketahui, selain sampah organik yang bisa dimanfaatin menjadi kompos ada juga sampah non organik seperti limbah plastik yang tidak dapat hancur. Limbah-limbah plastik ini dimanfaatkan oleh tangan-tangan kreatif masyarakat menjadi tas, dompet, kotak tempat sampah, sempai sendal. Berdasarkan riset yang dilakukan di Surabaya pada tahun 2006, sekitar 10% dari jumlah total sampah umum adalah sampah plastik, dan bertambah setiap tahun. Oleh karena itu, daur ulang sampah plastik sangat diperlukan.

Sejauh ini, usaha industri daur ulang biasanya menerima sampah plastik melalui pengepul dan menolak kemasan langsung dari plastik. Sampah plastik jenis ini kemudian diubah menjadi pellet plastik yang dapat diubah menjadi produk plastik daur ulang. Namun untuk sampah yang plastiknya berlapis (multilayered plastic) teknologi pengolahannya belum banyak dikembangkan karena lebih rumit dan tidak memiliki keuntungan ekonomi yang tinggi.

Antusias warga terhadap produk daur ulang plastik ini pun cukup tinggi dan terbukti dari lakunya banyak produk ini saat dipasarkan di pasar modern. Contohnya saat produk ini diikutkan dalam bazar, penjual bisa meraih omset sebesar Rp32.000.000 dalam waktu tiga hari sampah ternyata tidak merepotkan masyarakat. Di tangan-tangan yang tepat dan kreatif, sampah bisa menghasilkan uang.
Kerajinan tangan dari limbah ini pun bisa menembus pasar ekspor hingga Amerika, Dubai, Australia, dan Singapura. Nilai ekspornya pun sangat tinggi. Contohnya untuk omset penjualan perbulan dari ekspor tas tersebut ke Singapura dan Dubai bisa mencapai Rp30.000.000. Selain ke luar negeri, omset jutaan rupiah juga didapatkan dari dalam negeri.

Usaha ini pun sangat ramah lingkungan karena membantu mengurangi tingkat pencemaran, terutama limbah plastik yang sulit terurai. Selain membantu menjaga lingkungan, usaha ini juga bisa menjadi lahan pekerjaan bagi masyarakat dan bisa membantu perekonomian negara karena hasil kerajinan tangan ini diekspor ke banyak negara.

Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi lingkungan beserta strukturnya, semoga dapat membantu para pembaca semuanya.