Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 contoh hewan aves yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum masuk ke contoh terlebih dulu anda harus mengetahui pengertian dari hewan aves itu sendiri

Kata Aves (burung) berasal dari kata Latin yang dipakai sebagai nama kelas, sedang Ornis dari bahasa Yunani, dipakai dalam “Ornithology” berarti ilmu yang mempelajari burung-burung. Definisi aves (burung) adalah vertebrata dengan tubuh yang ditutupi oleh bulu (asal epidermal), sedangkan hewan lainnya tidak ada yang berbulu. Aves (burung) adalah vertebrata yang dapat terbang, karena mempunyai sayap yang merupakan modifikasi anggota gerak anterior. Kaki pada aves (burung) digunakan untuk berjalan, bertengger, atau berenang (dengan selaput interdigital).

Dibawah ini merupakan beberapa contoh hewan aves lengkap dengan gambar dan penjelasannya

Contoh Hewan Aves 

Burung Gagak
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Gagak memiliki tingkat perkembangbiakan paling tinggi di antara keseluruhan kelas aves. Dalam hal intelegasi burung gagak termasuk burung paling maju. Gagak dapat tersebar luas , karena mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik sehingga dapat hidup dalam lingkup habitat yang beraneka ragam.
Panjang gagak mencapi 15 -70 cm. gagak yang berwarna hitam, atau hitam dengan putih, abu –abu, atau coklat memiliki paruh yang cukup panjang dan kuat. Gagak bear dan berwarna gelap dari genus Corvus berparuh lebih besar dan kuat. Lubang hidung gagak terlindungi bulu kaku yang mengarah ke depan. Sayap dan tungkainya kokoh, sehingga bias melakukan gerakan yang efisien baik dari darat maupun udara. Gagak besar (Corvus corax) memiliki keahlian terbang yang mencapai perkembangan yang cukup tinggi. Gagak jantan dan gagak betina memiliki rupa yang hampir sama.
Family ini biasanya terdapat di daerah beriklim sedang . Gagak Biru di Indonesia disebut Ekek Biru. Burung ini menyebar dari daerah gunung, kawasan subartika, hutan rimba tropis, dan daerah pemukiman manusia. Kebnyakan spesies gagak adalah omnivora (pemakan segala), dari sinilah burung gagak disebut dengan burung setengah burung pemangsa.

Burung Beo
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Beo adalah burung piaraan yang sangat digemari orang karena kepandaiannya berbicara. Di alam, jenis burung ini hidup di hutan-hutan basah, terutama di bukit-bukit dataran rendah sampai daerah ketinggian 1000-2000 m di atas permukaan laut. Beo menyukai buah-buahan yang berdaging tebal dan tidak keras. Ia juga meminum nektar bunga. Untuk memenuhi kebutuhan protein burung beo makan serangga seperti belalang, jangkrik, capung dan telur semut. Beo bertelur dua sampai tiga butir setiap musim bertelur. Burung ini adalah burung yang tampak gagah & tampan, ukurannya agak lebih besar dari beo biasa & tubuhnya lebih kekar. Pilihan Beo Nias menjadi identitas Sumatera Utara memang tepat, karena burung ini hanya terdapat di Pulau Nias. Burung ini adalah penghuni hutan dan tinggal pada tajuk pohon yang tinggi. Beo ini mempunyai peran sebagai pemencar biji di hutan.

Burung Merak Hijau
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Merak Hijau atau kerap disebut Merak Jawa, nama ilmiahnya Pavo muticus adalah salah satu burung dari tiga spesies merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, Merak Hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan.

Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Populasi Merak Hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Cina, Indocina dan Jawa, Indonesia. Sebelumnya Merak Hijau ditemukan juga di India, Bangladesh dan Malaysia, namun sekarang telah punah di sana. Walaupun berukuran sangat besar, Merak Hijau adalah burung yang pandai terbang.

Elang
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Burung Elang merupakan salah satu hewan berdarah panas, memiliki sayap serta tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, burung elang berkembang biak dengan langkah bertelur dan memiliki cangkang yang keras didalam sarang yang dibuatnya. Ia melindungi anaknya hingga dapat terbang.Elang adalah hewan pemangsa atau predator. Makanan utamanya hewan mamalia kecil layaknya tikus, tupai, kadal, ikan serta ayam, juga beberapa jenis serangga bergantung ukuran tubuhnya. Ada beberapa elang yang menangkap ikan di daerah berair (sungai, rawa-rawa) sebagai makanan utama mereka. Umumnya elang tersebut tinggal di lokasi perairan. Paruh elang tidak bergigi namun melengkung serta kuat untuk mengoyak-oyak daging dari mangsanya. Burung ini juga memiliki sepasang kaki yang kuat serta kuku yang tajam serta melengkung untuk mencengkeram mangsa dan burung elang memiliki daya penglihatan yang tajam, ketajaman daya penglihatan tersebut sangatlah berguna dalam memburu mangsa dari jarak yang tidak bisa terkira juahnya.Elang memiliki sistem pernapasan yang baik serta sanggup untuk membekali oksigen dalam jumlah banyak yang mana dibutuhkan saat terbang. Jantung burung elang terdiri dari empat bilik layaknya manusia. Bilik atas dikenal sebagai atrium, sedangkan bilik bawah biasa di kenal sebagai ventrikel.

Burung Rajawali
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Burung rajawali adalah burung yang paling panjang usianya.Seekor burung rajawali bisa mencapai umur hingga 70 tahun. Tapi untuk mencapai umur tersebut adalah pilihan bagi seorang rajawali, apakah dia hidup sampai 70 tahun atau hanya sampai 40 tahun. Ketika burung rajawali mencapai umur 40 tahun, maka untuk dapat hidup lebih panjang 30 tahun lagi, dia harus melewati transformasi tubuh yang sangat menyakitkan. Pada saat inilah seekor rajawali harus menentukan pilihan untuk melewati transformasi yang menyakitkan itu atau melewati sisa hidup yang tidak menyakitkan namun singkat menuju kematian.

Burung Merpati
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Burung merpati termasuk burung berukuran sedang. Ukuran panjang burung ini antara 20 cm hingga 30 cm dan berat antara 700 gram hingga 900 gram. Merpati adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek.

Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain coklat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti, jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Merpati merupakan binatang pemakan biji-bijian.

Burung merpati biasanya tinggal di dalam sarang berbetuk balok dengan lubang persegi sebagai pintunya. Pada habitat alamnya merpati membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya, yang ditempatkan di pepohonan, birai, atau tanah, tergantung spesiesnya. Sarang burung merpati sering di sebut pagupon. Pagupon biasanya ditempel di dinding rumah pemilik burung merpati.

Itik Tegal
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Itik ini terkenal karena produksi telurnya yang tinggi, sedang warna bulunya ada yang cokelat, ataupun cokelat muda yang dalam bahasa jawanya disebut Bambangan. Diluar negeri terutama di Eropa itik Jawa tersebut lebih terkenal yang berwarna putih karena produksinya dapat mencapai 200 – 250 butir telur, dengan berat rata-rata 70 – 75 gram tiap telur. Oleh orang-orang Inggris, itik tersebut dikawinkan dengan itik lokal setempat dan lahirlah itik baru yang disebut itik “khaki campel”. Itik khaki campel tersebut mempunyai produksi yang tinggi hanya sayang warna telurnya putih.

Entok
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Entog (Cairina moschata ) merupakan binatang unggas yang masih berkerabat dekat dengan bebek, Entog adalah Sodara bebek dengan ukuran paling besar dengan berat bisa mencapai hingga 7 kg. Entog yang merupakan binatang asli Meksiko dan juga banyak ditemukan hidup secara liar di Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini dibawa oleh Belanda ke Indonesia dari Manila, Philipina. Namun Di Indonesia Sendiri Terdapat Populasi Entok Liar Atau EntoK Rimba ( Cairina scutulata ) Yang Tersebar Di Pulau Seperti Jawa, Sumatra Dan Papua Dengan Populasi Yang Semakin Sedikit Dan hampir punah. Dalam bahasa Inggris, Entog biasa disebut Barbary Duck Atau lebih tenarnya Muscovy Duck.

Di Indonesia Sendiri, Entog juga dikenal dengan beberapa nama antara lain Mentok, Entog, Enthog Atau "Basur" Kalo Yang Laki-laki ( Jawa ). itik serati, itik manila/Bebek Manila, itik surati ( Ind ). Entok biasanya diternakan oleh peternak rumahan dan Dan Masih Jarang Sekali Yang Berternak dalam skala besar. Binatang yang termasuk dalam golongan burung ini biasanya diternakan untuk diambil telur dan dagingnya Serta Biasanya Bulunya di gunakan untuk kebutuhan tekstil dan Bahan Baku Pakan Ternak

Burung Flaminggo
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Burung Flamingo (Phoenicopterus ruber) adalah binatang yang berasal dari Amerika. Semua Flamingo monogami dan perkawinan terjadi pada kelompok-kelompok besar. Burung Flamingo dapat berkembangbiak satu sampai dua kali dalam setahun tergantung dari ketersediaan makanan.

Reproduksi terjadi kapan saja alias tidak mengenal musim dan bertelur antara satu sampai dengan dua butir. Bulu burung flamingo yang baru keluar dari cangkang telur berwarna abu-abu, akan tetapi setelah flamingo dewasa memiliki warna yang bervariasi dari merah muda hingga merah cerah karena bakteri akuatik dan beta karoten yang terkandung dalam makanan yang mereka makan.
Flamingo yang makanannya cukup akan memiliki warna bulu yang lebih bagus dan cerah sehingga akan mudah menarik pasangannya.

Kasuari
10 Contoh Hewan Aves Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Kasuari Gelambir-ganda atau dalam nama nya Casuarius casuarius adalah salah satu burung dari tiga spesies Kasuari. Burung dewasa berukuran besar, dengan ketinggian mencapai 170cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya. Di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan. Burung Kasuari mempunyai kaki yang besar dan kuat dengan tiga buah jari pada masing-masing kakinya.

Itulah beberapa contoh dari hewan aves yang ada disekitar kita, semoga artikel dan penjelasan singkat ini dapat membantu pembaca semuanya.