Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Hewan Porifera Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 contoh dari hewan porifera yang sering kita jumpai disekitar kita. Sebelum masuk ke contoh terlebih dulu anda harus mengetahui pengertian dari hewan porifera itu sendiri.

Porifera adalah hewan tidak bertulang belakang yang berbentuk spons dan hidup di laut. Permukaan tubuhnya banyak pori. Pori ini berfungsi sebagai tempat masuknya air ke dalam tubuh

Dibawah ini merupakan beberapa contoh hewan porifera lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Contoh Hewan Porifera

1. Calcarea (Calcispongiae)
10 Contoh Hewan Porifera Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Lecuosolenia
Calcarea atau Calcispongiae (Latin, calcare = kapur, calsi = kapur, spongia = spons) memiliki rangka dari zat kapur atau kalsium karbonat (CaCO3). Calcarea berwarna pucat dan memiliki tinggi kurang dari 15 cm serta permukaan tubuh berbulu. Calcarea memiliki tipe saluran air askonoid, sikonoid, dan leukonoid. Contohnya Lecuosolenia, Clanthrina, dan  Sycon ciliatum.

2 . Hexactinellida (Hyalospongiae)
10 Contoh Hewan Porifera Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Hyalonema
Hexactinellida atau Hyalospongiae (Yunani, hexa = enam, hyalo = transparan atau kaca, spongia = spons). Kerangka tubuh Hexactinellida tersusun atas silika (kaca) dengan bentuk tubuh silindris, datar atau bertangkai. Tinggi tubuh mencapai 90 cm. Tipe saluran air sikonoid. Hexactinellida hidup di laut dengan kedalaman 90 cm – 5.000 m. Contohnya Euplectella aspergillum dan  Hyalonema.

3. Demospongiae
10 Contoh Hewan Porifera Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Cliona celata
Demospongiae (Yunani, demo = tebal, spongia = spons) memiliki kerangka tubuh yang tersusun dari serabut spongin. Tinggi dan diameter tubuh ada yang mencapai lebih dari 1 m dengan tipe saluran air leukonoid. Pada umumnya Demospongiae berwarna cerah, tetapi ada yang gelap (hitam). Warna tubuh yang cerah diduga untuk melindungi tubuh dari sinar matahari. Demospongiae merupakan kelompokk dengan jumlah spesies terbesar, sekitar 90% dari seluruh jenis Porifera. Mereka biasanya hidup di tepi pantai hingga kedalaman 45 m, namun ada pula yang hidup di air tawar. Contohnya Oscarella, Microciona, Halichondria, dan Cliona celata.

4. Sclerospongiae
10 Contoh Hewan Porifera Beserta Gambar Dan Penjelasannya
Stromatospongia
Sclerospongiae atau spons karang (coralline sponges) menghasikan rangka yang tersusun ata kalsium karbonat (CaCO3) yang terjalin dalam serat-serat spons, sehingga tampak seperti batu koral. Diameter Sclerospongiae dapat mencapai 1 m. Sclerospongiae banyak ditemukan di daerah terumbu karang di Jamaika. Contohnya Ceratoporella dan Stromatospongia.

Demikianlah 10 contoh dari hewan porifera beserta dengan gambar dan penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman pembaca semuanya.