Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks eksplanasi tentang Bencana Alam (Angin Puting Beliung) beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks eksplanasi singkat dibawah ini.
Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung (Bencana Alam) Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum:
Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung ini adalah angin leysus, didaerah Sumatera disebut angin Bahorok. Angin jenis ini yang ada di Amerika disebut angin Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 kkm/jam dan berdiamter 500 meter.

Deretan Penjelas :
Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pad amusim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa aja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yagn terlewati terangkat dan terlempar.

Gejala awal angin puting beliung yang perlu diketahui untuk menambah kewaspadaan adalah udara yang terasa panas hingga menyebabkan gerah, di langit ada pertumbuhan awan putih yang membentuk gelombang berlapis-lapis, diantara banyaknya awn kumulus tersebut, ada salah satu jenis awan yang memiliki batas tepi dengan warna abu-abu yang sangat jelas. Awan tersebut tampak menjulang tinggi yang jika dilihat akan berbentuk mirip dengan bunga kol, awan berubah warna secara tiba-tiba dari warna putih menjadi warna hitam pekat layaknya awan comulonimbus, ketika angin kencang akan datang, ranting, pohon, serta daun bergoyang tertiup angin masyarakat harus selallu waspada terutama pada periode durasi pembentukan awan hingga fase awan punah. Hal ini biasanya berlangsung sekitar 1 jam.

Ada beberapa dampak angin puting beliung yang dapat menimbulkan banyak sekali kerusakan yang tidak ringan bahkan ada yang menimbulkan kerugian, yaitu kerusakan pada rumah serta infrastruktur pada suatu daerah, dalam kasusu puting beliung ada beberapa kasus yang menimbulkan korban jiwa, menimbulkan kerugian material, merusak kebun-kebun warga, menciptakan banyak puing-puing dari kerusakan materi serta sampah yang berserakan, dapat menganggu jalannya ekonomi.

Interpretasi :
Untuk mengantisipasi terjadinya angin puting beliung serta keamanan bagi diri sendiri dan keluarga, ada baiknya mengenali tanda-tanda yang menandakan angin puting beliung. Selain itu harus terus waspada dengan melakukan hal-hal seperti mengenali dengan betul tempat anda tinggal, melakukan penghijauan, membuat hunian yang permanen dan kuat, membuat tempat perlindungan dibawah.

Nah itulah dia contoh singkat teks eksplanasi tentang angin puting beliung lengkap dengan strukturnya, semoga dapat membantu teman-teman pembaca semuanya