Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam Singkat “Pantai, Danau, Gunung”

SemuaContoh – Kali ini saya akan membagikan 3 contoh teks laporan hasil observasi tentang alam seperti pantai, danau dan gunung beserta strukturnya yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Alam Singkat “Pantai, Danau, Gunung”
Contoh 1 Pantai Cemara
Pantai Cemara Tuban menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang buat anda berteduh menikmati suasana pantai.

Tempat Wisata Pantai Cemara Tuban terletak di Jalur Pantura atau Jalan Raya Surabaya-Semarang tepatnya disebelah barat terminal baru Tuban (Terminal Wisata Kambang Putih Tuban). Dengan tempat yang strategis tentunya sangat memudahkan pengunjung untuk bisa menikmati wisata ini. Sekitar 300 meter dari tempat wisata tersebut juga terdapat wisata edukasi yaitu Wisata Mangrove Center Tuban yang merupakan pusat bibit mangrove yang ditanam di seluruh Indonesia.

Wisata pantai cemara ini dulunya bernama wisata pantai tasikharjo. Kawasan wisata pantai ini dari dahulu pada tahun 1980 an merupakan tempat wisata yang digandrungi warga sekitar bisa dikatakan sebuah wisata primadona di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan disebabkan keindahan panoramanya. Kemudian beberapa tahun kemudian tempat wisata tersebut terlantarkan dan bisa dikatakan rusak pada saat itu. Akhirnya tahun berikutnya pemerintah berupaya mengembalikan wilayah tersebut agar tetap indah dan terjaga. Yang dahulunya hanya terdapat beberapa pohon cemara saja, kemudian ditanaminya sampai terbentang sepanjang kawasan pantai yang sampai saat ini masih tetap terjaga dan   tumbuh dewasa.

Pantai Cemara Tuban memberikan keunikan nuansa wisata pantai yang berbeda, pantai yang ada disana sangatlah luas tak hanya buat anda berjalan-jalan ditepinya namun buat orang – orang  yang mempunyai hobby sport atau berolahraga bisa anda lakukan saat wisata disini. Misal sekedar jogging, lari-lari kecil atau main bulu tangkis bisa anda lakukan dipantai ini. Selain itu anda juga bisa bermain volly atau bermain futsal maupun sepak bola di pinggir pantai cemara yang ada di Tuban.

Contoh 2 Danau Toba
Definisi Umum : “Danau”Menurut bahasa Indonesia adalah genangan air yang amat luas dan di kelilingi oleh daratan . Danau memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia , selain sebagai sumber air, danau juga dapat di fungsikan menjadi berbagai kegiatan ekonomi seperti irigasi,transportasi, perikanan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Deskripsi bagian : Danau toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di provinsi Sumatra Utara , Indonesia . Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan asia tenggara . di tengah danau ini terdapat sebuah pulau Vulkanik brnama Pulau Samosir.

Deskripsi Manfaat : danau Toba sejak lama menjadi tujuan wisata penting di Sumatra Utara selain Bukit Lawang , Beras tagi Dan Nias , Menarik wisatawan domestik maupun mancanegara

Contoh 3 Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur.Gunung Bromo namanya diambil dari bahasa sanskerta:Brahma, salah seorang Dewa utama hindu.Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo,Pasuruan,Lumajang, dan Kabupaten Malang.Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. 

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 meter (utara-selatan) dan kurang lebih 600 meter (timur-barat).Sedangkan daerah bahaya berupa lingkaran dengan jari-jari  4 KM dari pusat kawah Bromo.Di Gunung Bromo kita dapat berkuda dan mendaki Gunung Bromo melalui tangga dan melihat matahari terbit.

Menurut macam tanah kawasan Gunung Bromo termasuk jenis tanah vulkanis.Tanah vulkanik merupakan tanah yang berbentuk dari material-material letusan gunung api.Banyak penduduk stempat menggunakan wilayah ini untuk bercocok tanam.Suhu udara di Gunung Bromo sekitar 3° - 20° C.Gunung Bromo terbentuk dari ledakan yang sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan.Type Gunung Bromo yaitu strata berlapis atau kaldera

Kaldera merupakan penciri gunung api yang sudah dalam tahap lanjut, dimana puncak gunung api ini sudah tidak sederhana sebuah kerucut.Gunung ini sudah tidak sesederhana sebuah kerucut.Gunug api yang mempunyai kaldera berbentuk kerucut terpancung atau bahkan cekung kedalam pada bagisan puncaknya.Kaldera seringkali juga memiliki pemandangan yang unik.