Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksposisi Sekolah Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksposisi tentang sekolah beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksposisi Sekolah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Sekolah

Tesis :
Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Argumentasi :
Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Penegasan Ulang :
Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

Contoh 2
SMK Negeri 2 Salatiga merupakan sekolah favorit di Salatiga dengan Akredditasi A.Sekolah ini memiliki Akreditasi A karena telah ditunjuk pemerintah sebagai sekolah bertaraf internasional dan termasuk dalam kelompok Teknologi dan Industri.

Terbukti setiap tahunnyaSMKN 2 Salatiga selalu menerima jumlah pendaftar yang melebihi kuota. Salah satu contohnya tahun ini jumlah pendaftar mencapai ribuan orang sedangkan kuota yang di-sediakan hanya 600 orang.Hal ini membuat beberapa siswa yang gagal diterima harus di-alihkan ke sekolah rujukan.Jumlah pendaftar ini juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.Hal ini menimbulkan banyak kebingungan untuk siswa yang tidak diterima,karena sudah ditutupnya beberapa pendaftaran di sekolah lain.

Sekolah ini jugamenerapkan budaya industri dan menerapkan 5 hari sekolah.Penerapan budayaindustri ini dimaksudkan untuk membiasakan para siswanya terbiasa dengan aturan-aturan yang ada di tempat dimana mereka akan bekerja nanti. Sementara penerapan 5 hari kerja ini didasarkan pada kurikulum K.13.Beberapa contoh dari budaya industri itu diantaranya adalah adanya jalur hijau di lingkungan sekolah ,kunjungan industri,dan lain-lain.Atas dasar penggunaan budaya industri dan penggunaan K.13 peraturan yang diterapkan disekolah ini pun berbeda dengan sekolah lain,yaitusistem kredit poin.

SMK N 2 Salatiga juga memiliki prestasiyang  cukup membanggakanbaik di tingkat kota,kabupaten,dan nasional.Hal ini dibuktikan ,tahun ini saja SMK N 2 Salatiga sudah berhasil menjuarai beberapa perlombaan.Perlombaan itu diantaranya mendapat mendali emas untuk lomba Joinery,dan juga mendali perunggu untuk mata lomba Body Repair.Beberapaprestasi tersebut yang mungkin membuat SMK N 2 Salatiga semakin menjadi SMK favorit di Salatiga.Tentunya prestasi-prestasi di atas hanya sebagian dari prestasi SMK N 2 Salatiga.

Dari hal diatas menjadikan SMK N 2 Salatiga menjadi sekolah yang digemari para siswa,dan menjadikan lulusan yang siap bekerja di bidangnya serta dikenaldi Kota Salatiga.Dimana setiap tahunnyaSMKN 2 Salatiga meluluskan siswa yang berprestasi bahkan ada siswa yang bekerja di Jepang.

Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi sekolah beserta strukturnya, semoga dapat membantu para pembaca semuanya.