Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksposisi tentang teknologi beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi

Bahaya Bermain Gadget Sebelum Tidur
Tesis
Pada era pekembangan zaman, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Diantaranya yaitu perkembangan dari handphone dari tahun ke tahun. Banyak dijumpai handphone canggih seperti smartphone,android dan gadget. Para penggunya pun diberbagai kalangan, mereka pun dibuat kecanduan akan teknologi dan fitur-fiturnya .Tak heran banyak orang dimana-mana membawa handphone. Menurut Russell Rosenberg phD, kepala pelaksna jajak pendapat dan direktur The Atlanta School of Sleep Medicine and Tecnology mengatakan “ tidur dan teknologi tidak berbaur, jajak pendapat tahun ini memusatkan perhatian pada teknologi dan alat elektronik yang banyak digunakan masyarakat yaitu gadget. ”ini dapat memengaruhi kesehatan juga.”

Argumentasi
Hasil dari penelitian menemukan bahwa paparan cahaya yang didapatkan dari layar gadget dapat menghambat hormon melatonin, dimana hormon tersebut berfungsi sebagai pengirim sinyal ke otak untuk memerintahkan tubuh beristirahat. Sehingga durasi tidur semakin pendek menyebabkan mengantuk sepanjang hari karena adanya berubahan metabolisme harian tubuh yang berjalan lebih lambat.

Selain susah tidur, paparan cahaya yang berlebih akan memengaruhi mood dan menyebabkan depresi. sehingga akan merasa sedih berkepanjangan. Paparan tersebut juga akan merusak semangat dan stamina dipagi hari. Sehingga badan terasa lelah dan letih.

Gangguan kesehatan lainnya antara lain gangguan pada mata. Paparan cahaya yang dari layar gadget membuat mata lelah dan iritasi. Melihat ke layar handphone terlalu lama mengurangi frekuensi berkedip dapat menyebabkan mata kering.Selain itu, dapat meningkatkan risiko kanker. Menggunakan gadget menjelang tidur berulang kali akan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara pada perempuan sebesar 17%.

Radiasi ponsel dapat memengaruhi pembentukan regenerasi sel neoplasma yang tidak seimbang. Tumor otak biasanya memengaruhi orang dewasa siusia subur namun juga ditemukan dapat menyerang anak-anak yang terlalu sering menggunakan ponsel sebelum tidur.

Penegasan Ulang
Kini telah diketahui efek dari perkembangan teknologi yang dilihat dari sisi kesehatan manusia. Paparan cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget dapat memengaruhi kesehatan, karena sinar biru yang menghambat hormon melatonin dan meningkatkan hormon estrogen. Durasi tidur yang pendek memicu gangguan-gangguan kesehatan lainnya. Jadi, kita harus besikap bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Gunakan sesuai dengan kebutuhan agar tidak menimbulkan dampak yang negatif.

Contoh 2
Kemajuan Teknologi Pada Era Sekarang
Tesis
Teknologi merupakan salah satu penunjang kemajuan manusia.Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Di banyak belahan masyarakat,teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi,panga,komputer dan banyak lagi. Kemajuan teknologi memang penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Sedikit dari itu semua yaitu untuk mempercepat pekerjaan manusia,mempermudah komunnikasi jarak jauh dan memperoleh transaksi keuangan.

Argumentasi
Dengan  menggunakan teknologi infirmasi dan komunikasi,pekerjaan manusia akan menjadi lebih cepat dan mudah. Misalnya ketika kita akan membuat surat-surat yayasan pondok pesantren maka kita tidak akan menggunakan mesin ketik yang membutuhkan proses begitu sangat lama namun akan menggunakan komputer dan printer yang lebih cepat,efisien dan bersih.

Sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini. Proses komunikasi masih bersifat analog. Untuk mengirimkan kabar kepada seseorang yang jaraknya jauh,harus menggunakan surat yang waktu tempuhnya bisa melebihi 2 hari atau terkadang juga tak sampai tujuan. Namun dengan teknologi yang sekarang ini kita bisa menggunakan e-mail,sms dll. Dengan teknologi ini jarak bukan menjadi hambatan lagi untuk mengirim kabar dan sudah pasti dampai tujuan.

Sebelum  berkembangnya teknologi,proses transaksi keuangan dilakukan secara konvensional. Nasabah harus mendatangi bank untuk bertransaksi,apalagi saat transaksi jual beli penjual dan pembeli harus bertemu untuk bertransaksi secara langsung. Namun seiring berkembangnya jaman dan teknologi proses transaksi bisa dilakukan melalui ATM,SMS Banking, dan E-Banking. Dengan cara ini proses transaksi keuangan akan menjadi lebih mudah,cepat dan menyenangkan.

Penegasan Ulang
Jadi kemajuan teknologi saat ini sangat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah,terutama dalam hal komunikasi,transaksi keuangan,dan mempercepat pekerjaan manusia.Dan masih banyak lagi kelebihan dari teknologi.

Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi tentang teknologi, semoga dapat membantu para pembaca semuanya.