Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 5 contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
5 Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Metonimi merupakan jenis gaya kias yang menggunakan kata-kata untuk pengertian yang lebih luas aau yang lebih sempit dari artinya yang lazim. Kata-kata dengan makna luas atau menyempit digunakan untuk menamai hal-hal atau sesuatu yang dimaksudkan.

Contoh 2
Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer. Jahe biasa digunakan sebagai bahan masakan atau penyedap rasa alami. Selain bisa digunakan sebagai rempah-rempah, tanaman ini juga bisa mengobati beberapa penyakit seperti batuk, panas dalam dan masih banyak lagi. Tanaman jahe memiliki tinggi sekitar 30 hingga 100 cm. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Jahe memiliki rimpang atau akar berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Akar inilah yang diambil dan dimanfaatkan sebagai jahe. Rasa dominan pedas dan hangat pada jahe disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron. Terdapat 3 jenis jahe yang sangat popular di pasaran yaitu, jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah.

Contoh 3
Brokoli (Brassica oleracea ) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang ditengarai memiliki aktivitas antikanker. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, manfaat brokoli untuk kecantikan memang belum begitu dikenal masyarakat luas.

Contoh 4
Tesis
Pisang merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi) serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Argumentasi
Daun pisang biasa digunakan masyarakat untuk membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan dan manfaat bagi kesehatan. Daun pisang memiliki zat polifenol yang biasanya digunakan untuk membuat antioksidan. Antioksidan sendiri  dapat menangkal radikal bebas. Membungkus makanan dengan daun pisang maka akan membuat makanan tersebut menyerap kandungan daun pisang tersebut.

Masyarakat pedesaan biasa memanfaatkan jantung pisang yang sudah waktunya dipotong dari dahannya untuk dimasak. Kebiasaan masyarakat ini sudah turun menurun. Jantung pisang mengandung flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas dan pemicu kanker. Jantung pisang juga mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c serta protein. Hal ini memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan seperti mencegah stroke, diabetes, anemia, gondok, dan dapat menurunkan kolesterol.

Hati pisang (bagian paling dalam batang), bonggol pisang dan gedebok pisang muda yang biasanya dibuang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat tanin dapat digunakan sebagai antiseptik; zat saponin dapat digunakan untuk mengencerkan dahak; dan kalium dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Selain zat tersebut, hati pisang mengandung vitamin A, B, C, zat tepung, air dan zat gula. Untuk mengonsumsi hati dan bonggol pisang ini, dapat dibuat keripik atau sayur. Sedangkan untuk mengonsumsi gedebok pisang muda, dapat diolah menjadi sayur.
Kulit pisang yang biasa dibuang setelah memakan buah pisang, tidak luput bagi kesehatan tubuh. Kulit pisang mengandung vitamin B, C, protein, lemak dan kalsium. Ekstrak kulit pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Kulit pisang juga dapat menjaga mood. Kulit pisang dapat diolah menjadi keripik, bahkan sekarang sudah ada tepung kulit pisang dipasaran.

Penegasan Ulang
Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Baik dengan mengonsumsinya langsung, maupun dengan proses pengolahan lebih lanjut. Semestinya saat memanen buah pisang, bagian pisang yang lainnya juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Dengan mengetahui manfaat dan cara pengolahannya masyarakat dapat memanfaatkan untuk pribadi atau menjadikannya lahan usaha.

Nah itulah beberapa contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya, semoga dapat membantu para pembaca semuanya.