Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan 2 contoh  teks eksemplum tentang liburan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks diskusi singkat dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksemplum Tentang Liburan Beserta Strukturnya

Liburan ke Pantai
Kali ini aku akan menceritakan kejadian paling buruk yang pernah ku alami. Semoga hal ini tidak terjadi kedua kalinya, karena sangat merugikan.

Kejadian ini aku peroleh ketika aku masih kecil dan sedang liburan ke rumah kakek yang ada di Bali. Pada saat itu waktu menunjukkan pukul 7 pagi. Aku pun segera bangun dari tempat tidurku dan membersihkan diri. Setelah membersihkan diri, aku dipanggil  mama untuk sarapan bersama keluarga. Saat sarapan, keluargaku sedang membicarakan tentang berwisata kemana. Dan akhirnya, kami sekeluarga sepakat untuk pergi ke pantai Pandawa.

Kami sekeluarga langsung menyiapkan barang-barang untuk pergi berwisata ke pantai Pandawa. Dan kami pun pergi menggunakan mobil ayahku. Di tengah-tengah perjalanan, ban mobilku terkena paku yang tidak sengaja tersebar di jalan dan secara otomatis bannya kempes. Akhirnya, ayahku memanggil tukang untuk memperbaiki ban mobilnya. Sesudah sampai di pantai Pandawa, salah satu saudaraku yang turun dari mobil tersandung batu dan terjatuh. Kakinya pun penuh dengan lecet-lecet dan ada sedikit berdarah.

Akhirnya, kita menyewa tenda untuk berteduh sambil menikmati pemandangan dan sambil mengobati luka saudaraku. Setelah itu, aku dan saudaraku pergi ke arah pantai untuk berfoto-foto. Tanpa sadar, ada seekor siput laut melintasi kakiku. Karena terlalu geli, secara refleks aku langsung menendang siput yang ada di kakiku dengan kaki lainnya. Karena tenagaku terlalu berlebihan, aku terpeleset dan jatuh, akibatnya celanaku penuh dengan pasir. Lebih parah lagi, handphoneku terlempar ke laut dan rusak parah, jadi tidak bisa diperbaiki lagi.

Aku pun dimarahi habis-habisan oleh mamaku. Dimarahi dari pagi hingga malam. Karena handphoneku tergolong handphone yang mahal. Sebelum pulang, kami menikmati kuliner yang ada di pantai Pandawa. Aku tidak suka makanan yang sangat pedas, seperti sambal. Namun saat makan, saudaraku iseng memberi sambal yang super pedas di atas lauk yang hendak ku makan. Saat itu, aku sedang mengobrol dengan papaku jadi tidak memperhatikannya. Saat kumakan, aku langsung tersedak, batuk dan mukaku langsung berubah jadi merah. Segera aku langsung minum air sebanyak-banyaknya. Akhirnya, rasa pedasnya sudah mereda.

Dari kejadian yang tidak diinginkan ini dapat disimpulkan bahwa kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Jangan terlalu gegabah. Apabila ingin berpergian jauh, hendaklah selalu memeriksa keadaan mobil dan memeriksa keadaan jalan yang aman untuk dikendarai.

Begitulah pengalamanku selama liburan. Semoga diwaktu liburan selanjutnya, tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi.

Contoh 2
Berlibur ke Pantai
Pada hari Kamis setelah Idul Fitri, tepatnya pukul 08.30 pagi, aku dan keluargaku berlibur ke Pantai Carita. Sebelum kami berangkat ke pantai Carita, aku mempersiapkan makanan dan minuman untuk kami nikmati di sana. Sedangkan keluargaku mempersiapkan kendaraan yang akan kami pakai. Setelah semuanya siap, kami langsung berangkat menuju pantai Carita.

Selama di perjalanan, aku sangat kagum dengan keindahan alamnya. Jalannya yang berkelok-kelok seperti gelombang, sawahnya yang berjejer dengan rapih, dan suasana pegunungan yang sangat indah. Ternyata begitu besar Karunia yang telah Allah berikan untuk kita semua.

Sesampainya di pantai, kami langsung mencari tempat yang teduh. Kebetulan hari itu cuacanya cukup panas jadi kami harus mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat. Setelah mendapatkan tempat yang cocok, aku dan sepupuku langsung bergegas menuju pantai. Kami langsung berenang sambil menikmati deburan ombak yang menghampiri tubuh kami.

Saat aku sedang menikmati suasana pantai, tiba-tiba aku mendengar suara seseorang meminta tolong. “ Tolong……tolong…….!” Ternyata suara itu adalah suara sepupuku. Betapa terkejutnya aku melihat ia terbawa ombak. Aku dan orang-orang disekitar langsung menolongnya. Aku melihat wajah sepupuku begitu pucat, ia takut sekali tenggelam.

Setelah kejadian itu, orang tuaku meminta kami untuk berhenti berenang dan segera membersihkan badan kami yang penuh dengan pasir. Mereka tidak mau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kembali. Tentu saja kami mengikuti permintaan mereka.

 Sebelum kami pulang, tak lupa kami menikmati makanan dan minuman yang telah kami persiapkan dari rumah. Setelah semuanya merasa puas bermain, kami memutuskan untuk segera pulang.

Liburan kali ini memberikan kenangan tersendiri bagiku. Semoga aku tidak akan mengalami musibah yang menimpa sepupuku.

Demikianlah contoh teks eksemplum tentang liburan beserta strukturnya, kami ucapkan terima kasih atas kunjungan anda.