Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Singkat

Yoo pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks pidato tentang kebersihan yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks diskusi singkat dibawah ini.
3 Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Singkat

Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Singkat

Assalamualaikum Wr. Wb
Yth. Ibu Umrotun selaku Wali Kelas IX B
Yth. Ibu Endang selaku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX
Serta teman-teman yang saya sayangi

Marilah kita bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan berkah dan karunia-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di dalam kelas ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

Pada kesempatan ini, perkenankanlah saya sebagai wakil dari teman-teman untuk menyampaikan uraian singkat mengenai “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan”.

Hadirin yang terhormat.
Perlu kita sadari bersama bahwa lingkungan merupakan tempat untuk menggantungkan hidup bagi kita yang hidup di dunia ini. Lingkungan yang bersih sangat berpengaruh besar terhadap kesejahteraan hidup kita di masa mendatang. Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan yang kita tempati ini dengan baik, agar bumi dapat menghasilkan keuntungan bagi kita. Bukan untuk mendatangkan kerugian bagi kita. Lingkungan yang bersih sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan kita. Apabila kita tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, maka akan timbul berbagai penyakit yang akan mengganggu kesehatan kita. Contoh yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah penyakit Demam Berdarah yang disebabkan oleh Nyamuk Aides Aegypti yang telah memakan banyak korban jiwa. Nyamuk tersebut sangat senang berkembangbiak di tempat-tempat yang kotor, contohnya :bak mandi yang jarang di kuras. Tidak menjaga kebersihan lingkungan dengan baik juga dapat mendatangkan berbagai bencana. Contohnya ialah bencana banjir yang sering melanda kota-kota besar akhir-akhir ini. Bencana tersebut dapat terjadi bukan disebabkan oleh hujan deras saja, melainkan karena sampah yang telah menggunung di pinggiran sungai, di selokan, maupun di pemukiman masyarakat. Masyarakat sangat senang membuang sampah di sungai daripada membuang sampah pada tempatnya. Hal itulah yang menyebabkan berbagai penyakit maupun berbagai bencana berdatangan.

 Hadirin yang berbahagia.
Menjaga kebersihan merupakan cara yang terbaik untuk mencegah berbagai bencana atau berbagai prnyakit yang sedang mengintai kita pada musim hujan seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan ialah menjaga kebersihan lingkungan di sekeliling kita. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersikan lingkungan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun akan segan untuk mencontoh kebiasaan yang baik dalam membersihkan lingkungan sekolah kita ini. Kita sebagai penghuni sekolah juga dapat merasakan dampak positif nya ,yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih. Menjaga kebersihan kelas juga dapat dilakukan dengan cara melaksakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur. Dengan melaksakan kegiatan tersebut, kelas kita akan terjaga kebersihannya, terjaga kerapiannya, dan terjaga keindahannya.

Hadirin yang saya banggakan.
Marilah kita peduli terhadap kebersihan lingkungan, karena lingkungan sangatlah berperan penting bagi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang. Saya berharap, kita dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita ini. Agar lingkungan kita menjadi bersih, asri, indah, dan bermanfaat bagi kita untuk masa yang akan datang.
“ Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan.”
“ Kebersihan adalah sebagian dari iman.”
“ Bersih lingkunganku, Indah masa depanku.”

Demikian uraian singkat yang dapat saya sampaikan mengenai “Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan” . Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan yang tidak di sengaja. Akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Demikianlah contoh singkat teks pidato tentang kebersihan, terima kasih atas kunjungan anda ke blog kami.