Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksplanasi Sampah Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksplanasi tentang sampah beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks ceramah singkat dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksplanasi Sampah Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Sampah Beserta Strukturnya

Sampah
Pernyataan Umum :
Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah merupakan jenis sampah yang terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lainnya. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami.

Sedangkan sampah anorganik adalah  jenis sampah yang berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi atau dihasilkan dari proses industri. Beberapa bahan seperti ini tidak terdapat di alam, yaitu plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian yang lain hanya diuraikan secara lambat. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga berupa botol, botol plastik, tas plastik, kaleng dan lain-lain.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :
Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor.

Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD
Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap.

Apabila banjir, tentu saja akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Interpretasi :
Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan.

Dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali untuk menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Contoh 2
Pengelolaan Sampah
Pernyataan umum :
Sampah merupakan suatu buangan yang dihasilkan dari proses rumah tangga atau industry. Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, daur ulang sampah. Tujuan dari pengelolaan sampah untuk mengubah sampah menjadi suatu barang yang memiliki nilai ekonomis,dan menjadikan sampah tidak merusak ataupun mengotori lingkungan. Sampah berasal dari permukiman penduduk dan tempat-tempat umum. Sampah yang berasal dari permukiman biasanya berupa sampah organic, seperti sisa makanan dan sampah yang bersifat basah, kering, plastik. Sampah dari tempat-tempat umum biasanya berupa sampah bekas bungkus makanan, sampah kering, dan kaleng. Berdasarkan asalnya, sampah padat dapat dibedakan menjadi:
1. Sampah organic adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup dan bersifat biodegradable. Sampah organic mudah teruari dengan sendirinya. Contoh sampah organic adalah sisa makanan, kulit buah, daun, ranting.
2. Sampah anorganik adalah dari bahan-bahan non hayati. Contoh sampah anorganik adalah plastic, kaca, keramik.

Sebab akibat :
Pengelolaan sampah dapat kita lakukan dengan cara 3R yaitu reduce, reuse, recycle. Reduce berarti kita mengurangi penggunaan barang-barang yang merusak lingkungan. Reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dalam kehidupan sehari-hari, reduce dapat dilakukan dengan cara menggunakan produk dengan kemasan yang mudah didaur ulang, menggunakan produk yang dapat diisi ulang, mengirim surat dengan email untuk mengurangi penggunaan kertas. Reuse berarti kita menggunakan kembali barang – barang. Dalam kegiatan sehari- hari, reuse dapat kita lakukan dengan menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain agar bisa digunakan berulang-ulang, menggunakan sapu tangan untuk menghemat tisu, dan menggunakan kertas yang masih kosong untuk menulis lagi. Yang terakhir adalah dengan cara recycle, yaitu mendaur ulang. Daur ulang dapat kita lakukan dengan mendaur ulang sampah organic menjadi kompos, mendaur ulang kertas untuk dijadikan kertas lagi, dan kita juga bisa mendaur ulang sampah anorganik menjadi barang yang bernilai ekonomis seperti dijadikan tas, dompet, sandal, dll.

Interpretasi :
Jadi, kita harus mengelola sampah sebaik mungkin agar lingkungan kita tetap bersih dan terjaga. Pengelolaan sampah yang tidak baik dapat menimbulkan masalah seperti masalah kesehatan. Lingkungan yang kotor menimbulkan berbagai penyakit seperti diare, kolera, tifus, jamur kulit. Selain berdampak pada lingkungan, dapat menyebabkan bencana juga seperti banjir dan tanah longsor. Maka kelolalah sampah dengan baik dan buanglah sampah pada tempatnya.

Demikianlah beberapa contoh dari teks eksplanasi tentang sampah lengkap beserta dengan strukturnya, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman pembaca sekalian