Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksplanasi Kronologis Beserta Strukturnya

Kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksplanasi kronologis beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksplanasi Kronologis Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Kronologis Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum
Operasi Zebra merupakan operasi yang resmi digelar setiap tahun, gunanya adalah menekan angka kecelakaan lalu lintas serta pelanggaran berlalu lintas. Operasi zebra sering kali terjadi di jalan – jalan raya tempat pengendara sering melanggar ketertiban lalu lintas. Hal ini terjadi pula di desa Bungkal, kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo beberapa waktu yang lalu. Banyak pengendara yang kena tilang kebanyakan dikarenakan melanggar peraturan lalu lintas.

Deretan Penjelas
Hari selasa tanggal 12 September 2017 telah terjadi Operasi Zebra di wilayah Bungkal, Ponorogo. Operasi ini dilakukan tepatnya di dekat perempatan Bungkal. Siang menjelang sore itu banyak masyarakat  yang kena tilang, terutama anak SMA yang kedapatan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) , karena kebanyakan dari mereka masih belum genap 17 tahun untuk memperoleh SIM.

Bukan hanya itu saja, operasi zebra juga menilang pengendara yang sepulang dari sawah, ladang, pasar, maupun kantor. Operasi Zebra pun di wilayah Bungkal pun usia menjelang sore, namun dari kejadian itu masyarakat yang kena tilang banyak diberikan penjelasan dan arahan dari pihak polisi tentang hal – hal yang harus dipatuhi saat berkendara di jalan raya supaya tak terkena sanksi atau tilang dan juga supaya mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik.

Interpretasi
Sebagai pengendara yang baik, hendaklah mematuhi peraturan lalu lintas dengan cermat, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan bahkan sampai kena tilang, sebab jika sudah kena tilang, kepengurusannya pun tidak mudah. Alangkah baiknya sebagai pengendara kendaraan bermotor gunakanlah selalu helm berstandar SNI dan jangan lupa membawa SIM, STNK serta berkendaralah dengan benar penuh kehati – hatian, taatilah peraturan barlalu lintas dengan baik dan jangan lupa berdoa.

Contoh 2
Kecelakaan yang Sepele Berakibat Fatal
Pernyataan Umum
Kecelakaan lalu lintas merupakan peristiwa yang sering kita jumpai. Kecelakaan biasanya sering terjadi diakibatkan oleh hal – hal yang sifatnya sepele atau jarang dihiraukan orang seperti kurang berhati – hatinya pengendara akibat buru – buru, kelelahan saat bekerja sehingga kurang fokus berkendara, ban bocor yang menyebabkan kendaraan oleng, sopir truk, bus atau mobil yang mengantuk, gesekan antar pengendara karena jalan yang sempit, kerusakan jalan seperti lubang, kerusakan pada mesin, rem blong dan lain sebagainya.

Deretan Penjelas
Pada bulan Agustus lalu kecelakaan juga terjadi di  Bancar, Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Kecelakaan itu terjadi oleh seorang bapak, seorang istri dan seorang anak kecil. Kecelakaan tersebut  bermula dari si istri yang dibonceng,  saat itu ibu tersebut sedang mengenakan rok panjang dan tanpa sengaja rok yang dipakainya itu masuk ke dalam rantai motor.  Motor yang mereka tumpangi melaju kencang dan naasnya rok si ibu yang dibonceng itupun menjeratnya sehingga kecelakaanpun terjadi.

Dari peristiwa itu, seorang ibu dan anaknya tersebut mengalami luka berat  di bagian wajah, namun bapak yang membonceng keluarganya itu hanya mengalami luka ringan saja. Akhirnya si ibu dan anak dilarikan ke puskesmas terdekat di kecamatan Bungkal.

Interpretasi
Hal – hal yang kita sepelekan atau kita sering lalaikan justru terkadang bisa berakibat fatal juga apabila kita tidak berhati – hati terlebih saat berkendara motor. Alangkah baiknya jika kita perhatikan posisi duduk dengan membetulkan posisi rok panjang atau selendang yang kita kenakan saat bermotor, supaya hal – hal di atas tidak terjadi.

Demikianlah 2 contoh dari teks eksplanasi kronologis lengkap beserta dengan strukturnya, semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman sem