2 Contoh Teks Ulasan Buku Pelajaran Singkat
Yoo pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks ulasan tentang buku pelajaran singkat yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks diskusi singkat dibawah ini.
2 Contoh Teks Ulasan Buku Pelajaran Singkat Beserta Strukturnya
1. Identitas
Judul : dasar-dasar evaluasi pendidikan
Penulis : prof.dr.suharsimi arikunto
Penerbit : pt bumi aksara
Tahun : 2005 halaman + 5 halaman prakata dan daftar isi.
Tebal : 308 halaman
Bahasa : indonesia
mpul : latar hijau tua,marah dan putih.
2. Orientasi
Buku ini ditulis oleh prof.dr.suharsimi arikunto. Salah satu guru besar universitas negeri yogyakarta yang memiliki keahlian manajemen pendidikan.professor yang mengajar di fakultas ilmu pendidikan dan program pasca sarjana uny, serta di universitas ahmad dahlan ini, menamatkan s3 di ikip jakarta pada tahun 1983.seperti halnya buku karangan penulis perempuan kelahiran 1937 ini banyak di jadikan referensi mahasiswa dan akademisi dalam membuat karya ilmiah, baik yang bersifat nasional maupun internasional. Beliau bahkan telah menulis lebih dari 40 judul.
Buku ini sendiri merupakan kegiatan penilaian terhadap pengembangan dari hasil pengalaman mengajar dan berdiskusi menegenai dasar-dasar evaluasi pendidikan oleh kalangan sesamatugas yang di emban oleh guru,yakni mengajar,mendidik,dan didalamnya termasuk melakukan penilaian sehubungan menghubungkan dengan praktek pendidik atau guru di yogyakarta.buku ini sangat berguna dan bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru maupun para guru yang sudah bertugas. Agar ada pegangan dalam bekerja. Buku ini dapat memberikan bimbingan sesuai dengan .
3.Tahapan Tafsiran Isi
Buku ini memaparkan data dan fakta seputar konsep dasar-dasar pendidikan di kalangan para guru.melalui penilitian yang penulis lakukan secara terbatas penulis mendapatkan gambaran bahwa belum semua guru di sekolah mempelajari buku pedoman tersebut, bahkan ada yang belum melihatnya sama sekali. Dari penelitian itu pula, suharsimi banyak paradoks belum semua guru di sekolah mempelajari pedoman.
Satu di antara paradoks itu ialah metode atau pendekatan dalam mengajar kalangan para guru atau calon guru terjatuh kedalam perbedaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kurikulum kepada mahasiswa. Sisi lain,padahal bangsa kita adalah bangasa yang bertoleransi serta pendidikan kita mengajarkan karakter pancasila, pada sisi lain gejala inilah yang menjadi dorongan utama bagi kita.
Dengan metologi penilaian yang terukur serta memberikan arah yang jelas, suharsimi menemukan kesulitan para guru dalam mengajar di ruang kelas. Pada waktu mengajar,tentu guru sudah berkali-kali memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum di ketahui.akan tetapi pada umumnya mereka itu diam,tidak mau bertanya.dengan demikian,guru beranggapan guru bahwa siswa-siswa tersebut sudah tahu,walaupun guru itu sebenarnya terkecoh. Problemnya baru terbuka setelah guru memeriksa hasil ulangan. Buku ini juga menyajikan cara penilaian,mengevaluasi,mengukur,membadingkan tes standar dengan tes buatan guru,cara menentukan nilai akhir,dan cara membuat laporan. Semuanya di uraikan secara terperinci diseratai langkah- langkah dan contoh tahap pengerjaanya.
4. Evaluasi
Banyak sekali keunggulan yang terkandung dalam buku ini. Di antaranya ialah buku ini ditulis berdasarkan penilitian dan pengalaman penulis dengan metodologi penilaian. Selain itu, buku ini memberikan informasi secara detail dan di lengakapi dengan contoh soal, sehingga mudah kita memahami serta mengesankan serta memberi arahan kepada para guru supaya memberikan pengajaran yang baik kepada siswa-siswi.
Akan tetapi, buku ini juga tanpa kelemahan. Satu ganjalan pertama dalam membaca buku ini ialah adanya beberapa data-data dalam tabel dan buku ini masih edisi revisi artinya masih banyak yang dibutuhkan oleh penulis seperti pendapat,kritik dan saran dari beberapa pihak lain.implikasinya buku ini memberi cara pengajaran dan contoh penilaian terhadap siswa-siswi.
Buku ini tamapaknya lebih tepat kepada calon guru ataun para guru yang sudah bertugas,supaya mereka dapat melakukan mengevaluasi program pengajaran terhadap siswa-siswi di dalam kelas.
5. Rangkuman
Tolak ukur hasil pendidikan dapat di ketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar,padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif).adapun pengertian evaluasi meliputi keduanya.
Buku ini hadirkan untuk membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar-mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran.dengan demikian,target atau tujuan pembelajaran akan diperoleh.