Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Singkat Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan 5 contoh teks deskripsi singkat tentang alam dan strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
5 Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam


Contoh 1
Bendungan Karangkates
Bendungan Karangkates terletak di kecamatan Sumber Pucung, 40 Km arah selatan Kota Malang. Di bendungan ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan danau buatan sembari berperahu ataupun memancing.

Bendungan Karangkates atau biasa disebut Bendungan Sutami terletak di desa karangkates, kecamatan Sumberpucung. Air dari bendungan ini berasal dari sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Selain digunakan sebagai PLTA, bendungan ini telah menjadi salah satu obyek pariwisata di Malang dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wahana olah raga, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf.

Wisata Karangkates mempunyai dua lokasi taman wisata, yaitu taman wisata Karangkates yang terletak di sebelah utara bendungan Sutami dan taman wisata Bendungan Lahor yang terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor.

Baca Juga : Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan 

Contoh 2
Pantai Lampung 
Lampung ialah salah satu Provini di indonesia yang letaknya bagian timur pulau sumatera tepatnya berbatasan dlangsung dengan selat sunda yang menghubungkan antara pulau Sumatera dan pulau Jawa. Lampung memiliki potensi yang sangat besardibidang pariwisata tepat nya wisata pantai nya, yang sangat candak dan bagus. Sangat banyak sekali pantai yang ada di Provinsi Lampung dan semuanya merupakan wisata yang inda sehingga wajar apabila para wisatawan banyak yang mengunjungi pantai Lampung hanya untuk melihat keindahan pantainya. Saat ini juga promosi yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat untuk menarik wisatawan lokal maupun wisata asing dan setiap tahun nya jumlah wisatawan yang datang kel lampug semakin meningkat.

Lampung juga memiliki berbagai jenis pantai dari yang sekedar untuk berlibur santai bersama keluarga hingga pantai yang memiliki ombak besar utuk olahraga esktrim seperti surfing, diving dan snorkling utuk melihiat keindahan bawah lautnya. Pantai yang hanya untuk berlibur dan bersantai keluarga sangat banyak sekali seperti , Pantai Mutun , Pantai Pasir Timbul, Pantai Clara dan masi banyak lagi. Disana pengunjung dapat merasakan suasanya berlibur di pantai yang tenang dengan desiran ombak yang sepoi-sepoi angin pantainya. Anak-anak pun dapat bermain di bibir pantai karena pantai tak teralu berbahaya dikarenakan ombaknya yang tak begitu kencang. Pengunjung juga dapat menyewa pondok degan harga  yang terjangkau yakni Rp 50.000 untuk ukuran sedang dan Rp 100.000 untuk ukuran yang besar.

Di Lampung juga terdapat wisata pantai untuk olahgra seperti diving dan snorkling tepatnya berada di pulau Pahawang. disana juga memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis dan cantik menawarkan berbagai macam keindahan seperti karang-karang yang bagus dan ikan-ikan yang bercorakan warna warna. Pantai tersebut merupakan pantai pantai yang sering dikunjungi wiatawan lokal maupun wisatawan asing karena terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu pula disana pengunjung dapat menyaksikan sunset dan sunrise dengan sangat jelas.

Ada pula wisata yang sangat unik dan menarik yang jarang dijumpai di pantai manapun yaitu Pantai teluk Kiluan, Lampung Selatan. Keunikannya karena pengunjung dapat melihat lumba-lumba dengan jelas. Namun akses untuk melihat lumba-lumba harus menggunakan perahu karena terdapat ditengah laut , dan disanpun disediakan untuk penyewaan kapal dengan membayar biaya sewa  yang tak terlahu mahal jika dibandingkan dengan pengalaman yang kita dapat. Di Pantai Teluk Kiluan para pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang masih alami dan hamparan pasir putih dengan warna air laut yang biru dan jernih.

Contoh 3
Gunung Bromo
Sebuah gunung dan pemandangan di sekitar yang sangat indah , sebuah gunung yang terletak di daerah probolinggo . di sekitar gunung terdapat asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung gunung tersebut , burung burung beterbangan di sekitaran gunung tersebut . hamparan pohon hijau di lereng gunung , dan tampak dari kejahuan sungai yang mengalir dengan deras . suara suara gemericik air menetes dari daun , cuaca di sekitaran gunung sangat dingin sekali . melihat semua orang sedang beraktivitas  dengan pekerjaananya masing masing . tampak ada yang sedang bercocok tanam , menanam sayur buah buah han dan lain lain
·        
Terlihat di sebelah timur matahari terbit , sungguh indahnya melihat matahari terbit . hamparan savana rumput yang sangat hijau , banyak juga orang yang sedang berkuda . menawarkan makanan ringan dan minuman . banyak juga orang yang sedang bermain offroad  dengan sepada motor trill nya . angin yang berhembus kencang menerbangkan pasir pasir di sekitar gunung. Terdapat tangga menuju puncak gunung , di puncak gunung muncul asap dari dalam gunung . setalah berwisata di gunung kami pun berkemas kemas untuk meninggalkan gunung bromo yang sangat indah .

Contoh 4
Keindahan Sawah 
Sebuah sawah dan pemandangan di sekitar Desa Sumber Rejo ,Sukuharojo . Sleman ,Jawa Tengah . Pemandanga disana indah sekali ada dua buah gunung yang berwarna hijau ,ada juga sawah yang juga ditanami pak tani . Disebalah kiri sawah ada petani yang sedang menyirami sawah nya . Disawah ini udaranya sangat sejuk sekali . Waktu itu semakin siang dan semakin panas ,pak tani pun tidak mengenal leleh dia terus berkerja dan menikmati pemandangan di sawah ini .

Semakin siang semakin panas ,petani pun beristirahat sejenak . Dia mengipasi badanya degan topi tulang besar dan meminum airnya yang dibawa dari rumah . Ia masih beristirahat digubuknya dan melihat patani lainnya sedang mencangkul sawahnya yang berpetak – petak .
Petani ini pun sudah selesai beristirahat ,ia lanjut berkerja kembali di sawahnya . Ia dengan gembira mencangkul sawahnya dan beberapa kemudian istri petani mengirimkan makanan kepada petani itu . Dan langit sudah tidak cerah lagi matahari mau terbenam petani pun itu berkemas – kemas untuk pulang ke rumah.

Contoh 5
Tangkuban Parahu
Tangkuban Parahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Suang dengan Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta sebuah kawahnya yang terkenal. Karena keindahannya dan sering dijadikan sebagai destinasi utama saat liburan, maka gunung Tangkuban Parahu ini menjadi salah satu tempat wiasata favorit di kawasan Jawa Barat. Banyak alasan yang menjadikan Gunung ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan . Selainpemandangan yang indah, susana yagg sejuk dan kawah yang cantik gunung ini juga terletak di jalan utama Bandung-Subang, akses jalannya  tidak terlalu jauh dari kota Bandung sekitar  25-30 km.

Di gunung tangkuban Parahu ini sering diadakan sebuah festival bernama Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu. Yang selalu menarik perhatian wisatawan, para penggiat budaya, akademisi maupun masyarakat umum. Selain saat festival, hari-hari biasa juga Gunung Tangkuban Perahu tidak pernah sepi pengunjung bus-bus luar kota selalu terparkir di area parkirnya mengantar wisatawan menikmaai keindahan alam gunung tangkuban parahu. Puncak kunjungan wisatan akan terjadi saat hari-hari besar seperti Liburan maupun hari besar tahun baru dan idul fitri, jalanan akan macet karena kendaraan yang keluar masuk wilayah wisata.

Kawah besar yang terdapat di gunung tangkuban perahu adalah salah satu pemandangan yang menakjubkan dan jadi buruan para wisatawan. Gas sulfur masih keluar dari kawah Sementara dari atas gunung akan terlihat Kota Bandung yang besar dengan segala bangunannya, menampakan keindahan dari kejauhan

Nah itulah beberapa contoh dari teks deskripsi tentang alam, semoga artikel ini dapat membantu pembaca semuanya