Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam (Fenomena Alam) Singkat Bahasa Indonesia

SemuaContoh – Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks eksplanasi tentang Fenomena Alam (Hujan Asam) singkat yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia  yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teks eksplanasi singkat dibawah ini.
Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam (Fenomena Alam) Singkat Bahasa Indonesia
Hujan Asam
Hujan asam ialah hujan yang pada kandungan air di dalamnya terdapat campuran senyawa asam. Kandungan kadar asam yang ada pada air hujan tersebut berada dibawah 5,6 pH yang secara alamiah terkandung pH 6. Fenomena hujan asam ini dapat terjadi akibat pembakaran bahan fosil dari permukaan bumi yang menghasilkan gas sulfur (zat belerang) di atmosfer bumi.

Asal mula terjadinya hujan asam ini diakibatkan oleh gas sulfur oksida yang dihasilkan oleh aktivitas industri dan pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor. Selanjutnya gas yang terkumpul di atmosfer bereaksi terhadap uap air dan menghasilkan asam sulfat, nitrat, dan nitrit. Reaksi tersebut berkondensasi sehingga membentuk awan yang akan menjadikan hujan. Hujan inilah yang desebut sebagai hujan asam. Hujan asam juga secara alamiah dapat terjadi akibat aktivitas gunung berapi serta prosesi biokimia. Akan tetapi pada umumnya hujan asam seringkali terjadi akibat aktivitas keseharian manusia yang berupa kegiatan produksi pada pabrik dan pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor.

Hujan asam mulai terjadi setelah adanya revolusi industri di eropa. Dampak yang ditimbulkan hujan asam adalah terjadinya penurunan tingkat keasaman (pH) didaerah kutub dari 6 menjadi 4,5. Dampak lain adalah matinya organisme-organisme kecil yang disebut dengan diatom. Hujan asam pertama kali ditemukan pada tahun 1852 oleh seseorang yang bernama Robert Angus Smith di Kota Manchester. Baru pada tahun 1970-an, para ilmuwan banyak melakukan penelitian tentang hujan asam yang ternyata menyebabkan berbagai kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran 

Kandungan asam dalam hujan menyebabkan hujan memiliki sifat sama seperti larutan asam pada umumnya. Namun keasaman yang ada pada hujan asam ini dapat merusak jaringan hidup. Hujan asam dengan kadar keasaman tinggi dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia. Kabut yang mengandung asam sulfat bersama-sama dengan udara terhisap dan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dapat merusak paru-paru.

Hujan asam dapat mempercepat proses korosi pada beberapa material yang berasal dari logam. Logam yang mengalami korosi ini biasanya akan menjadi rapuh dan keropos. Hujan asam yang larut bersama nutrisi di dalam tanah akan menyapu kandungan nutrisi dalam tanah sebelum tumbuhan sempat mempergunakannya untuk tumbuh. Zat kimia beracun seperti aluminium juga akan terlepas dan bercampur dengan nutrisi. Apabila nutrisi ini diserap oleh tumbuhan akan menghambat pertumbuhan dan mempercepat daun berguguran, kemudian tumbuhan akan terserang penyakit, kekeringan, dan mati.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Hujan asam merupakan peristiwa yang mengkhawatirkan, ada berbagai dampak buruk seperti rusaknya sarapa prasarana, menghambat perkembang biakan hewan laut, matinya berbagai jenis ikan, beracun bagi manusia dan lingkungan kita akan menjadi rusak.