Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat

SemuaContoh – Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh singkat teks pidato tentang kesehatan yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contohnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Singkat Bahasa Indonesia
Contoh Pidato Kesehatan 1
Adik-adikku yang saya sayangi, patutlah kiranya kita mengucapkan syukur yang sebanyak-banyaknya atas segala curahan rahmat, nikmat, dan taufik, serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang serba kecukupan.
Adik-adikku yang berbahagia, pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi mengenai jerawat dan cara menanggulanginya.

Adik-adikku yang senantiasa ceria,
Jerawat timbul akibat aktivitas kelenjar lemak yang hebat, ditambah gangguan pelepasan kulit yang kurang bagus, dan juga faktor adanya bakteri di permukaan kulit.

Kebersihan kulit membantu mengurangi populasi bakteri itu sendiri, mengurangi timbunan lemak, dan membantu melepaskan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Lalu, berapa kali sebaiknya kita membersihkan muka? “Minimal dua kali sehari. Namun, jika aktivitas Anda berlebih, sering terkena sinar matahari atau ke tempat yang banyak debu, boleh saja membersihkan lebih sering,” jelas dr. Kusmarinah Bramono, dari Klinik Jakarta Skin Center.

Jerawat akibat bakteri bisa diobati dengan memberikan antibiotik dosis rendah. Maksudnya hanya untuk menekan populasi bakteri penyebab jerawat.

Bicara soal kulit wajah, tentu kita tidak lupa akan masalah lain, yakni masalah kelembapan. Makin berumur seseorang, kulit makin berkurang kelembapannya. Lebih-lebih apabila orang tersebut sering berada di ruangan yang ber-AC. Tidak heran apabila banyak orang memakai pelembap, bahkan kini beberapa pelembap ditambahkan bahanbahan aktif lain seperti vitamin, hormonhormon seperti plasenta domba, dan sebagainya.

Hanya perlu diingat mereka yang berkulit sensitif atau cenderung alergis, harus pandaipandai memilih. Hal ini dikarenakan apabila salah mimilih justru dapat menjadikan kulit rusak.
Sementara pemakaian sun block alias tabir surya diperbolehkan, karena kita tinggal di negeri yang kaya sinar matahari. Pasalnya, tabir surya dipakai untuk menghindari radiasi ultraviolet. Hanya yang harus diperhatikan, bahan ini biasanya merupakan bahan kimia.

Seperti kita ketahui, umumnya bahan kimia yang dipakai untuk sun block tidak larut dalam air. Jadi, supaya larut, ia harus mengandung lemak. Untuk orang yang tidak mempunyai masalah jerawat memang tidak apa-apa. Namun, untuk orang yang punya masalah jerawat, bisa gawat. Apabila kulit sudah berminyak lalu ditambah sun block, ya tambah berminyak lagi. Maka itu, sebaiknya memilih sun block yang kurang kadar lemaknya. Biasanya itu bentuknya lotion (cairan).

Demikianlah uraian singkat yang saya sampaikan. Semoga segala sesuatu yang saya uraikan tadi, bermanfaat bagi Adik-adik. Terima kasih.

Contoh Pidato Kesehatan 2
Selamat pagi, salam sejahtera,
Saudara-saudara yang saya hormati, Pemeliharaan kulit dengan sekali-sekali luluran juga tidak ada salahnya. Lulur jika dilihat dari segi bahan yang dioleskan, memiliki tujuan untuk meluruhkan kulit-kulit yang sudah mati.

Seperti kita tahu, kulit untuk sampai ke permukaan paling atas memerlukan waktu satu bulan dan setelah itu lepas secara kasat mata. Seperti ganti kulit pada ular, tapi tidak kelihatan. Masalahnya, pada usia 20 – 25 tahun ke atas, daya lepas kulit mati sudah berkurang; tidak seperti saat kita bayi. Apalagi jika usia di atas 40 tahun. Orang-orang pada usia ini memang terbantu dengan bahanbahan luluran semacam itu.

Biasanya, dalam lulur ditambahkan bahan lain seperti pewangi, pelembap, atau warna apa saja. Namun, pada dasarnya daya kerja utama lulur itu untuk meluruhkan kulit mati. Namun demikian, jika kulit bermasalah kita harus berhati-hati. Kadang-kadang ada yang habis dilulur lalu gatal-gatal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya sebelum dilulur kita mencoba sedikit dulu di bagian yang tidak berbahaya. Sayangnya, untuk melihat reaksi alergi atau tidak, bahan tidak cukup dioleskan satu kali saja.

“Tes kosmetik itu tidak cukup hari ini pakai, terus oh ya sudah, ternyata saya tahan. Kadang-kadang dua minggu baru muncul efek-efek buruknya. Jadi, jika orang tidak mempunyai kecenderungan alergi, ya tidak usah takut. Namun, jika orang yang kulitnya sensitif dan gampang alergi harus lebih berhati-hati. Coba dulu di tempat yang tidak merugikan,” demikian pesan dr. Kusmarinah.
Selain bahan yang dioles, ada juga pilpil yang diminum untuk menjaga kulit tetap sehat. Bahkan ada vitamin-vitamin yang mengandung vitamin E atau C. Ada juga produk yang mengandung rumput laut. Rumput laut mengandung asam-asam amino, derivat dari protein, yang bagus untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan.

Sebenarnya, apabila komposisi gizi tercukupi, kita tidak memerlukan makanan tambahan seperti itu. Pasalnya, kita suka makan yang tidak benar.

“Silakan saja minum vitamin, toh tidak ada bahayanya, asal mengikuti aturan. Apalagi orang dengan kesibukan yang tinggi, makannya suka kacau. Jadi, perlu juga minum vitamin-vitamin,” ujar dr. Kusmarinah.

Nah, karena kulit memang istimewa, tidak ada salahnya jika Anda memerhatikan kesehatannya.