Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Narasi Ekspositoris Singkat dan Strukturnya

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan salah satu contoh teks narasi ekspositoris singkat bahasa indonesia dan strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Narasi Ekspositoris Singkat Bahasa Indonesia
Teks Narasi Ekspositoris

Contoh 1
Anjar Nugraha lahir dari sebuah keluarga yang miskin pada tanggal 17 Januari 1993. Ayahnya hanyalah seorang buruh tani dan ibunya tidak bekerja. Meskipun dia anak yang miskin, Anjar memiliki semangat yang besar untuk merubah nasibnya. Dia juga merupakan anak yang pintar di sekolahnya. Anjar menempuh pendidikan dasarnya di SD Impress di sebuah desa terpencil. Pada umumnya, anak-anak di kampungnya langsung berkerja setelah lulus dari sekolah dasar. Namun Anjar berbeda, dia memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikannya. Kemudian dia belajar di SMP N 30 yang letaknya jauh dari desanya. Anjar bahkan harus berjalan kaki selama 3 jam untuk sampai di sekolah. Walaupun dia tetap bersekolah, dia juga selalu membantu ayahnya untuk mendapatkan uang seperti berjualan dan menjadi kuli panggul di pasar. Setelah lulus SMP dia hampir tidak bisa melanjutkan pendidikannya di SMA. Beruntung seorang gurunya mau menyekolahkannya di SMA berkat keinginannya yang kuat dan prestasi belajarnya. Setelah lulus dari SMA dia mendapatkan beasisiwa untuk kuliah di Universitas Indonesia. Anjar merupakan mahasiswa yang aktif baik dalam hal pelajaran maupun organisasi. Kini Anjar Nugraha yang berasal dari desa terpencil dan miskin telah sukses berkat ketekunannya. Anjar telah menjadi salah satu guru besar di Universitas Indonesia.

Contoh 2
Caesar berasal dari keluarga bangsawan lama. Dia memperoleh pendidikan yang baik dan ketika muda dia sudah terjun ke dunia politik. Berbagai jabatan yang pernah dipegangnya, pertumbuhan karier politiknya yang mengesankan, hubungan persekutuan yang pernah dibuatnya, secara detail tidak akan dijabarkan disini. Namun, pada tahun 58 SM ketika usianya menginjak 42 tahun, Julius Caesar ditunjuk sebagai gubernur yang membawahi tiga provinsi di Roma : Cisalpine Gaul (bagian utara Italia); Illyricum(daerah pantai Yugoslavia kini) dan Narbonese Gaul (pantai selatan Prancis sekarang). Di bawah komandonya saat itu ada empat pasukan Romawi yang beranggotakan 20.000 tentara. Selama tahun-tahun antara 58-51 SM, Caesar menggunakan pasukan itu menyerbu dan menaklukkan sisa daerah Gaul, daeerah yang kira-kira terdiri dari Prancis dan Belgia ini, berikut bagian-bagian dari Swiss, Jerman dan Negeri Belanda. Meskipun jumlah pasukannya sangat sedikit, dia berhasil memukul orang-orang Galik dan sekaligus memperluas daerah kekuasaan Romawi hingga mencapai sungai Rhine. Dia juga mengirimkan dua ekspedisi ke Inggris, tetapi tidak berhasil menaklukkan secara permanent.