Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksposisi tentang narkoba beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba

Narkoba Pada Kalangan Remaja 
Tesis
Narkoba,merupakan nama yang akrab di semua kalangan. Narkoba merupakan zat yang dapat mengakibatkan rasa kecanduan sehingga penggunanya akan terus berusaha mendapatkannya. Kini,narkoba sudah meracuni banyak warga indonesia.Dan kebanyakan merupakan kalangan muda. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari orangtua, juga pergaulan yang kurang sehat.

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "NAPZA", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya,sehingga menyebabkan dampak yang buruk bagi pemakainya. Baik dari penyakit seperti HIV/AIDS, hingga kematian.

Argumentasi
Orang yang kecanduan narkoba cenderung ingin terus mendapatkannya,sehingga bisa saja si pecandu melakukan aksi kejahatan demi mendapatkan barang itu lagi. Dan lagi,ketika pecandu sedang dalam keadaan teler sehabis memakai narkoba,dan dalam keadaan tidak sadar. Dia bisa melakukan aksi kejahatan,seperti pemerkosaan, dsb.

Menurut data BNN , Kasus penyalahgunaan narkoba bertambah setiap tahunnya. Di Indonesia, angka pengguna narkoba rata-rata meningkat sebanyak 15% per tahunnya. Narkoba yang biasa digunakan oleh kalangan muda biasanya dikarenakan oleh beberapa hal. Pertama, kegagalan yang dialami dalam kehidupan. Kedua, pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat. Ketiga, kurangnya siraman agama. Keempat, keinginan untuk sekadar mencoba. Kelima, kurangnya perhatian dari orangtua.

Cara untuk mencegah penggunaan narkoba antara lain. Pertama,membangkitkan kesadaran beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat. Kedua, selektif dalam memilih teman. Ketiga, selektif dalam memilih makanan dan minuman.  Keempat, menghindarkan diri dari lingkungan yang tidak tepat. Kelima, membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling mengingatkan. Keenam, bila berhadapan dengan orang/teman yang mulai bersentuhan dengan narkoba, gunakan kasih sayang  untuk menariknya ke jalan hidup yang lebih sehat.
Ketujuh, mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat-akibat yang di timbulkan oleh barang-barang haram tersebut.

Penegasan Ulang
Oleh karena itu, narkoba yang menyebar di kalangan masyarakat yang dapat menimbulkan penyakit sampai kematian, harus diberantas demi kehidupan generasi penerus bangsa.  Agar generasi penerus bangsa ini dapat menjadi generasi yang maju dan berprestasi. Jika dibiarkan,hal ini dapat menyebabkan tingginya angka kriminalitas dan terpuruknya hidup generasi muda penerus bangsa.

Contoh 2
Indonesia Negara Narkoba
Tesis
Pada saat ini Indonesia sedang mengalami keterpurukan masalah narkoba. Indonesia menjadi negara yang sangat berbahaya masalah narkoba. Satu-persatu para gembong narkoba sudah ditangkap dan dihukum mati. Meskipun yang menjadi gembong narkoba bukan warga negara Indonesia asli akan tetapi secara tidak langsung warga negara Indonesia sangat berperan dalam penyebaran narkoba yang ada di Indonesia. Sebetulnya hal ini sangat merugikan baik rugi secara pribadi maupun negara. Namun orang Indonesia tidak sadar akan hal itu. Mereka menganggap hal ini sangat biasa padahal sangat berbahaya. Maka dari itu Indonesia sekarang adalah menjadi negara narkoba. Karena penyebaran narkoba yang ada dimana-mana.

Argumentasi
Argumentasi 1 : Banyaknya peredaran narkoba di Indonesia
Penjelas 1.1    : Ditangkapnya Fredy Budiman yaitu seorang bandar narkoba terbesar di Indonesia.
Argumentasi 2 : Kurangnya religiusitas oleh pengguna narkoba
Penjelas 2.1    : Banyaknya remaja Indonesia yang terjerumus ke dalam narkoba karena kurangnya pengetahuan tentang agama/dosa-dosa.
Argumentasi 3 : Rasa ingin coba-coba
Penjelas 3.1    : Para remaja ingin mencoba narkoba karena rasa ingin coba-coba.
Argumentasi 4 : Memakai narkoba karena untuk menenangkan diri tapi akhirnya kecanduan
Penjelas 4.1    : Seseorang menggunakan narkoba biasanya karena memiliki masalah dan untuk menenangkan masalahnya, mereka menggunakan narkoba.

Penegasan Ulang Pendapat
Berbagai kasus telah terungkap dalam sindikat narkoba. Bahkan para gembong baik dari dalam negeri maupun luar negeri telah berhasil dihukum mati oleh hukum yang ada di Indonesia. Untuk itu perlu kesadaran khusus untuk masyarakat Indonesia agar tidak terjerumus dalam jurang naarkoba. Banyaknya narkoba yang beredar di Indonesia bahkan dari Sabang-Merauke membuat negara ini menjadi sebutan Indonesia negara narkoba. Meski begitu kita harus tetap memerangi barang haram satu ini. Karena narkoba sangat merugikan baik merugikan pengguna maupun negara.

Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi tentang narkoba beserta strukturnya, semoga dapat membantu para pembaca semuanya.