Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Teks Eksposisi Pertentangan Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 5 contoh teks eksposisi pertentangan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.
5 Contoh Teks Eksposisi Pertentangan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Orang yang gemar bersepeda umumnya orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa-desa.

Contoh 2
Masyarakat di daerah perkotaan terbiasa dengan kehidupan yang serba modern. Alat komunikasi, transportasi, dan teknologi informasi yang canggih menyebabkan mereka cenderung malas dan kurang bersosialisasi.  Sebaliknya, masyarakat pedesaan terpencil terbiasa dengan kehidupan yang sederhana. Mereka menggunakan peralatan, transportasi, dan teknologi yang masih tradisional. Namun, keterbatasan tersebut tidak menghalangi mereka untuk bersosialisasi antarmasyarakat.

Contoh 3
Orang yang cerdas dan terbiasa menggunakan akal fikiran umumnya selalu menyikapi masalah dengan diskusi dan kepala dingin dan sebaliknya orang yang terbiasa menggunakan otot cenderung menyikapi masalah dengan arogan dan anarkis

Contoh 4
Olahraga bulutangkis dan olahraga tenis adalah dua olah raga dari beberapa olahraga yang sangat populer di dunia. Olahraga bulutangkis ini sama sekali berbeda dengan olah raga tenis. Olahraga bulutangkis menggunakan kok sebagai salah satu alat dan media sedangkan olahraga tenis menggunakan bola. Selain itu, tenis menggunakan raket yang lebih besar daripada raket bulutangkis. Lapangan pada olahraga tenis pun juga memiliki lebar dan panjang yang lebih daripada lapangan yang digunakan olah raga bulutangkis.

Contoh 5
Planet Merkurius memang sangat menarik. Lama waktu rotasi dan revolusinya benar-benar bertolak belakang. Merkurius hanya butuh waktu 88 hari untuk melakukan revolusi mengelilingi matahari. Namun untuk berotasi di porosnya sendiri, planet ini butuh 59 hari. Sangat kontras dengan bumi yang hanya butuh waktu rotasi 1 hari saja.

Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi pertentangan beserta strukturnya, semoga dapat membantu para pembaca semuanya