Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Teks Eksposisi Hartatorik Beserta Strukturnya

Yoo para pembaca kali ini saya akan membagikan 2 contoh teks eksposisi hartatorik beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah beberapa contoh dari teksnya dibawah ini.

3 Contoh Teks Eksposisi Hartatorik Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi Hartatorik

Korupsi
Pernyataan Pendapat
Apakah anda tahu apa arti korupsi? Apa hubungan antara uang dan korupsi? Nah, korupsi adalah hal yang sudah umum terjadi di dunia, bahkan di Amerika Serikat. Ini hanya masalah intensitas. Namun, cukup mengejutkan ketika salah satu survei yang andal mengklaim Jakarta sebagai tempat yang paling korup di Indonesia.

Argumentasi 1
Survei ini membuat masyarakat prihatin, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Sesuai kabar yang beredar, Tanjung Priok menjadi pelabuhan yang sering dijadikan tempat untuk melakukan penyelundupan. Pengusaha yang ingin meminimalkan pembayaran pajak perusahaan cenderung melakukan hal seperti itu. Bahkan, mereka menyuap para pejabat.

Argumentasi 2
Jika dipikirkan kembali, langkah-langkah yang diambil sejauh ini, untuk mengatasi masalah korupsi dengan menghukum para koruptor masih belum dilakukan dengan baik. Melihat fenomena saat ini, kita harus mencegah generasi muda dari mentalitas buruk yang disebabkan oleh korupsi.

Rekomendasi
Walaupun demikian, tetap yakinlah bahwa mentalitas buruk dari korupsi dapat teratasi. Penerapan pertama bagi generasi muda dapat dilakukan di sekolah. Dalam melakukan hal tersebut, semua orang harus ikut terlibat dalam upaya pemberantasan korupsi. Kita tidak perlu membedakan apa pun dalam masalah korupsi ini.

Contoh 2
Manfaat Membaca
Pernyataan Pendapat
Buku membuka jendela dunia. Kalimat tersebut menjadi hal yang sering digunakan untuk mengajak seseorang membaca. Membaca juga merupakan hal yang penting bagi kita. Ada banyak manfaat dari membaca, yaitu sebagai berikut.

Argumentasi 1
Pertama, membaca dapat memberikan pengetahuan tentang banyak hal di dunia ini seperti ilmu alam, teknologi, olahraga, seni, dan budaya baik yang ditulis dalam buku maupun surat kabar.

Argumentasi 2
Kedua, kita akan mengetahui banyak berita dan informasi tentang sesuatu yang terjadi di dunia. Aktivitas membaca dapat memberikan kesenangan bagi pembaca. Ketika kita lelah, kita membaca buku, koran atau majalah pada kolom hiburan seperti komedi, cerita pendek, kuis, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan agar diri kita jauh lebih santai.

Rekomendasi
Hal tersebut menjelaskan bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan hiburan. Namun, tidak semua dari kita suka membaca. Berikut adalah langkah-langkah yang seharusnya kita lakukan untuk gemar membaca.
  • Tentukanlah jenis bacaan yang anda sukai.
  • Cobalah berbagai jenis buku dengan tema dan cerita yang berbeda. 
  • Pergilah ke perpustakaan setempat. Anda dapat membaca buku sebanyak apa pun secara gratis.
  • Ciptakanlah lingkungan membaca yang baik. Anda dapat mencari tempat yang tenang dan nyaman. Bahkan, beberapa orang suka membaca sambil mendengarkan musik. 
Nah itulah beberapa contoh dari teks eksposisi hartatorik beserta strukturnya, semoga dapat membantu pembaca semuanya.