Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Teks Ulasan Film Indonesia (Merry Riana, Habibi Ainun) Singkat

SemuaContoh – Yoo para pembaca dan pelajar kali ini saya akan membagikan contoh singkat teks film indonesia yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk referensi mengerjakan tugas. Simak langsung contohnya dibawah ini.
2 Contoh Teks Ulasan Film Indonesia (Merry Riana, Habibi Ainun) Singkat
Contoh 1
Judul Film          :  Merry Riana
Tahun                 :  24 Desember 2014
Sutradara           :  Hestu Saputra
Pemain              :  1. Chelsea Islan Sebagai         :  Merry Riana
                             2. Dian Wiyoko Sebagai          :  Alvan
                             3. Kimberly Rayder Sebagai   :  Irene
                             4. Ferry Salim Sebagai            :  Orang Tua Merry (Ayah)
                             5. Cynthia Lamusu Sebagai    :  Orang Tua Merry (Ibu)
Orientasi 1
Dalam filmnya Merry Riana : “ Berjuang Dalam Mimpi “  Adalah Film Indonesia yang di rilis pada 24 Desember 2014. Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, Perempuan asal Indonesia yang berhasil neraih satu juta dollar pertamanya di Singapur pada usia 26 Tahun. Film ini di produseri oleh Mang Punjabi dan Dhamo Punjadi dan disutradari oleh Hestu Saputra

Orientasi 2
Latar belakang film “ Merry Riana” adalah kisah nyata yamg dialami oleh merry. Sepertinya Sutradara film ini ingin menunjukkan berapa kerasnya hidup Merry riana untuk meraih kesuksesaan di Singapur setelah melalu banyak rintangan dan tantangan. Fil ini diperankan oleh Chelsea Islan, Dian Wiyoko, Kimberly Rayder, Ferry salim, Cynthia Lamusu

Tafsiran isi tahap 1
Kerusuhan Tahun 1998, mengangkat sebuah film yang berjudul Merry Riana. Film ini mengisahkan sosok seorang Merry Riana yang baru saja lulus SMA terpaksa memngunsi ke Singapur karena kondisi di negaranya tidak stabil. Walaupun sebenarnya Merry (Chelsea Islan) ingin tetap bertahan. Namun kedua orang tua Merry memintanya agar segara berangkat dengan tujuan menyelamatkan anaknya.

Tafsiran isi Tahap 2
Dalam perjalanan menuju Bandara tidak aman. Mereka di hadang oleh kawanan penjarah dan terpaksa melepas harta benda demi keselamatan. Di bandara, Orang tua Merry menjual apa yang menempel dibadannya  dan hanya mampu memebeli satu tiket, yang terpenting Merry selamat. Di singapur merry berniat menemui pamannya, namun Pamannya sudah tidak ada karena terbelit dan tidak mampu membayar hutang. Untungnya ia menemui Sahabatnya melalui media social yang bernama Irene, Ia adalah sahabat Merry sejak SMA, dengan bekal uang yang untuk beli makan lima kali saja akan habis, ia harus mencari tempat  tinggal, bertahan hidup, kuliah dan sukses.

Tafsiran isi tahap 3
Dalam film ini “Merry Riana” menonjolkan bagaimana arti sebuah perjuangan untuk meraih cita-cita dan menjdi orang sukses. Meski Merry hidup sebatang kara di Singapur, ia tak putus asa. Dengan bantuan Irene, Merry mencari celah untuk  tinggal dii asrama, Merry pun lolos ujian seleksi dan di terima di salah satu perguruan tinggi disana. Tetpi, itu semua baru bisa di dapat bila ia membayar $40.000. satu-satunya harapan adalah mengambil student Loan, bisa di dapat jika Merry memiliki seorang penjamin. Karena, Merry tidak punya kerabat, dan Irene tidak bisa penjamin. Merry hrus mencari seorang mahasiswa yang mau menjadi penjamin. Maka Merry bertemu Alva, seorang senior tampan ia mau menjadi penjamin asalkan Merry mengikuti perintahnya. Merry pun bersedia, Ia sangat rajin berkerja mulai dari bekerja menyebar brosur, online business, sampai main saham beresiko tinggi,hal itu tidak sia-sia berkat bantuan dan bimbingan dari Alva, Merry berhasil mendapatkan sejuta dolarnya diusia Muda.

Tafsiran isi tahap 4
Dalam sifat Merry  yang gigih dalah menjalankan tugas, pantang menyerah diam-diam alva menaruh hati kepada Merry. Alva cowo cuek dan angkuh memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya. Namun Merry masih berfikir terlebih dahulu, karena Merry tahu bahwa Irene juga mencintai Alva. Ia tidak ingin merusak hubungan Persahabatannya. Dengan begitu, Merry menceritakan hal tersebut kepada Irene, Irene pun mengizinkan Merry berpacaran dengan alva.

Tafsiran isi tahap 5
Chelsea Islan yang berperann sebagai Merry dalam filmini nampaknya sangat menikmati perannya, Ia tampil begitu natural dan aktingnya sangat bagus. Film ini sangat bagus ditonton oleh kalangan Remaja dan Dewasa karena mengajarkan bagaimana kerasnyahidup di Negri Orang dan mengapai cita-cita. Latar negri Singapur yang indah membuat sensai tersenderi ketika menontonnya. Seolah kita menikmati film Luar Negri. Dipadukan dengan kisah cinta, menambah komplit film ini.

Tafsiran isi tahap 6
Dalam film mimpi sejuata dollar, juga terdpat satu Tokoh yang ktingnya sangat berlebihan. Namun, itu membuat Penonton menjadi tertawa, Ia adalah bos dari Alva. Secara keseluruhan semua Pemain dalam Film ini kelihatan sangat serius dan antusias dalam memainkan perannya masing-masing.

Evaluasi 1
Film yang dibuat oleh Sutradara Hestu Saputra ini mempunyai kekurangagan di dalamnya yaitu terletak pada latarnya yang tidak selaras pada kisah aslinya. Hestu Saputra tidak mengganti latar dan menyamakannya di tahun 1998. Hanya pada kerusuhan tahun 98, dan itu hanya sebentar. Seharusnya, ada penyesuain yang lebih pas pada latar tersebu. Ini terbukti bahwa terdapat adegan penting  percintaan Merry dan alva yang berlatar di gedung Singapur Flayer yang memang gedung tersebut belum ada pada tahun 1998.

Evaluasi 2
Dengan judu “Merry Riana” Mimpi Sejuta Dollar, harusnya Filmini adalah Film perjuangan hidup Merry menggapai cita-citanya. Tepi nyatanya, lebih menonjolkan kisah percintaan antara Merry dengan Alva. Penonton akan lebih cendrung melihat kisah percintaanny, bukan Film perjuangan dan kerja keras seorang Merry seperti yang diinginkan untuk menginspirasi banyak orang.

Rangkuman
Dari Film “Merry Riana”,dapat disimpulkan bahwa suatu mimpi harus diraih setinggi mungkin dengan Semangat, Kerja Keras, dan Disipiln maka semua akan berhasil diraih. Dalam Film ini disajikan pula kisah percintaannya mungkin agar para penonton lebihtertari akan film ini, Sutradara dan semua Crew yang terlibat di dalam film ini sukses mengangkat satu kisah nyata sosok seorang Merry Riana.

Contoh 2
1.    Judul Film    : Habibie dan Ainun
2.    Tahun Rilis  : 20 Desember 2012
3.    Sutradara      : Faozan Rizal
4.    Pemain         : 1. Reza Rahardian sebagai Habibie
                              2. Bunga Citra Lestari sebagai Ainun
Orientasi
Film ini merupakan adaptasi dari novel karya bapak Bj. Habibie sendiri yang mengisahkan perjalanan hidup serta perjalanan beliau dengan Bu Ainun Habibie. Buku/novel tersebut diciptakan  oleh beliau setelah meninggalnya almarhumah ibu Ainun Habibie, sebagai tanda cintanya yang sangat mendalam kepada mendiang istrinya. Film yang berdurasi sekitar 2 jam 1 menit ini berusaha menggabungkan romansa cinta antara suami istri dalam keluarga dengan semangat nasionalisme dan pembangunan bangsa. Film ini menceritakan sosok pemimpin sekaligus cendikiawan Bangsa Indonesia “Bapak Bj. Habibie” dalam menghadapi problem politik yang sempat beliau hadapi pada saat beliau menjabat sebagai presiden RI ke-3. Film garapan sutradara Faozan Rizal ini dimulai dengan adegan Habibie saat kecil.

Tafsiran Isi 1
Saat masih kecil, Habibie suka mengolok Ainun yang kala itu berkulit hitam manis dan tergolong gadis tomboy. Beberapa tahun kemudian, Habibie tumbuh menjadi sosok pemuda dengan otak yang sangat brilliant. Habibie mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke Jerman setelah menempuh pendidikan di Institusi Teknologi Bandung yang tidak sempat terselesaikan. Habibie berlibur ke Indonesia setelah ia menyelesaikan studinya di Jerman. Habibie diajak oleh pamannya untuk datang ke rumah keluarga Bestari (keluarga Ainun). Habibie terkejut saat ia melihat Ainun yang telah tumbuh menjadi gadis cantik dan berkulit putih. Sontak ia berkata “Rupanya gula jawa telah berubah menjadi gula pasir”. Setelah pertemuan tersebut, mereka pun merajut cinta. Ainun yang berprofesi sebagai dokter anak ternyata memiliki banyak ‘penggemar pria’. Namun, Ainun tidak memperdulikan pria lain selain Habibie seorang. Habibie pun melamar Ainun dan mengajak Ainun untuk tinggal bersamanya di Jerman. Ainun menerima lamaran Habibie. Mereka menikah lalu memulai membina keluarga di Jerman. Habibie dan Ainun hidup dalam kesederhanaan di Jerman.

Tafsiran Isi 2
Dalam suatu adegan diceritakan bahwa Habibie harus menambal sepatunya yang berubang. Habibie berhasil menemukan sebuah rancangan kereta api pengangkut beban yang baru. Keluarga mereka juga diramaikan dengan kehadiran dua orang putra, Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Habibie dan Ainun mendapat cobaan ringan saat ternyata Ainun divonis mengidap kanker. Kanker tersebut berhasil disembuhkan oleh tim dokter yang menangani Ainun saat itu. Dalam film ini keinginan Habibie untuk membangun dunia perindustrian Indonesia terwujud saat presiden Suharto menunjuk beliau sebagai Menristek dan menugaskan beliau untuk membangun industry pembuatan kapal terbang di Indonesia. Akhirnya pesawat terbang pertama buatan anak Indonesia berhasil diterbangkan dengan disaksikan langsung oleh Presiden Suharto. Habibie pun dipilih Suharto untuk mendampinginya sebagai Wakil Presiden RI. Habibie menggantikan Suharto sebagai Presiden RI setelah pengunduran diri Suharto pasca kerusuhan 1998.

Tafsiran Isi 3
Habibie memutuskan untuk tidak mencalonkan lagi sebagai Presiden RI agar dapat menikmati masa tuanya bersama keluarga yang sangat ia cintai. Bertahun-tahun Habibie menikmati kehidupannya pasca menjabat sebagai presiden. Sebuah kabar buruk mendatangi Habibie dan Ainun saat ternyata dokter memberitahu mereka bahwa Ainun kembali mengidap kanker. Namun, kanker yang diderita Ainun kali ini telah menyebar ke bagian organ tubuh yang lain. Ainun langsung dibawa ke Jerman. Ainun mendapatkan perawatan intensif dari tim medis  di Rumah Sakit Jerman. Akan tetapi, Tuhan berkata lain. Ainun meninggal dunia beberapa hari setelah ulang tahun pernikahannya bersama Habibie. Ainun dimakamkan di Indonesia di mana Presiden yang sedang menjabat saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono, memimpin langung upacara pemakaman Ibu Ainun.

Tafsiran Isi 4
Film tersebut menggambarkan dengan sempurna bagaimana kisah cinta klasik antara Habibie dan Ainun. Perjalanan cinta beliau dengan istrinya memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat awam serta kaum bangsawan dan pemerintah. Kesetiaan, cinta serta pengorbanan yang dilakukan oleh kedua pasangan ini bagi Bangsa Indonesia memberikan banyak pelajaran bagi penonton. Film tersebut juga menggambarkan dengan jelas bagaimana kejeniusan Habibie dan kegigihannya dalam memimpin Indonesia. Film ini juga dapat menginspirasi generasi muda agar mencontoh Habibie dalam proses pembangunan bangsa mengingat bangsa ini kekurangan figure seorang pemimpin yang brilliant.

Tafsiran Isi 5
Saya sedikit kecewa dengan penampilan Habibie dan Ainun yang tetap awet muda meski pernikahan mereka sudah berjalan hampir setengah abad lamanya (yang menurut hitungan sederhana saya berarti usia mereka sudah ada di kisaran 68 tahun).  Sulit rasanya membayangkan manusia berusia 70 tahun dengan fisik layaknya 40 tahun.  Entahlah, ini mungkin hanya karena Habibie adalah tokoh yang sudah dikenal luas oleh masyarakat sehingga penonton mengharapkan adanya kemiripan fisik antara Habibie versi film dengan Habibie yang sebenarnya.  Tio Pakusadewo yang hadir sekilas memerankan sosok pak Harto juga kurang pas gesture-nya, menurut saya hanya rambut belakangnya saja yang mirip.

Evaluasi
Dalam penulisan skenario hingga pengambilan gambar, MD Pictures selalu melibatkan sang tokoh BJ Habibie. Alasannya, tokoh yang diperankan Reza bukan sosok biasa. Tetapi seorang tokoh yang berpengaruh bagi Indonesia dan dunia.  ‎"Soal pendalaman karakter sudah saya lakukan sejak di film pertama," kata Reza Rahadian.
Di film ke dua ini, Reza sudah menerima sejumlah materi yang harus dipelajari. Proses syuting sudah dimulai. Ia berharap film ini bisa menginspirasi anak muda Indonesia untuk meraih masa depannya. Habibie & Ainun menurut MD Pictures, ditonton 4,7 juta pencinta film.

Rangkuman
Film ini sangat layak untuk ditonton karena di dalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan, pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun film ini sudah tayang tahun 2012, film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yang nyata dan akan selamanya menjadi sebuah kisah cinta terbaik sepanjang masa.